Inilah Tanda-Tanda Stres Pada Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

Tanda-Tanda Stres Pada Anak Yang Perlu DiKetahui | Masa anak-anak adalah masa yang sangat menyenangkan, itulah pemikiran yang terkadang membuat kita tidak pernah berfikir bahwa anak-anak juga dapat mengalami stres selayaknya orang dewasa atau orang tua. Namun perlu kita ketahui, bahwa stres juga dapat dialami oleh anak-anak, bahkan sejak anak baru berusia 5 tahun.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan stres pada anak, misalnya saja stres akibat banyaknya pelajaran yang diterimanya di sekolahan, persaingan di dalam lingkungan sekolah dan terkadang tuntutan kita sebagai orang tua yang menginginkan anak untuk bisa segala hal, untuk dapat berprestasi di sekolahnya, juga menjadi salah satu pemicu munculnya stres pada anak. Belum lagi segala kegiatan yang kita bebankan kepada anak di luar jam sekolah, seperti les ini, les itu yang menurut kita sebagai orang tua berguna untuk membantu kecerdasan otaknya. Stres juga merupakan salah satu akibat anak kurang kasih sayang. Namun kita lupa, bahwa anak-anak juga membutuhkan waktu untuk bermain, bersenang-senang dan menikmati masa kanak-kanaknya. Lalu apa saja tanda-tanda stres pada anak?

Untuk itu, cobalah lebih peka dalam memahami kondisi anak, karena anak-anak belum begitu paham dan tahu cara menggungkapkan keadaan yang sedang dia rasakan. Sehingga jika sampai kita merasakan ada yang berbeda dari perlakuan anak kita maka segeralah untuk lebih tanggap, agar kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi pada anak kita. Dibawah ini ada beberapa tanda- tanda stres pada anak yang perlu diketahui oleh orang tua.

Inilah Tanda-Tanda Stres Pada Anak

Inilah Tanda-Tanda Stres Pada Anak



Baca juga: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Yang Mudah Marah dan Menangis

Kenali Tanda-Tanda Stres Pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Berikut ini adalah gejala stress pada anak-anak yang perlu Anda waspadai sebagai orang tuanya, yaitu:

  1. Menjadi Pribadi yang Tertutup

Tanda-tanda anak mengalami stres yang pertama adalah adanya perubahan yang dapat membawanya menjadi pribadi yang tertutup. Jika biasanya anak selalu tampil ceria dengan kita, selalu bergaul dengan temannya dan tiba-tiba saja dia menarik diri dari keluarga dan juga teman-temannya, hal ini dapat menjadi tanda bahwa dia sedang mengalami stres. Saat stres anak akan lebih suka menghabiskan waktunya sendiri di kamar, enggan untuk berinteraksi dengan keluarga ataupun temannya.

  1. Perubahan Perilaku

Ketika kita mendapati adanya perubahan perilaku pada anak yang cenderung menjadi kurang baik, maka bisa jadi anak sedang mengalami stres. Biasanya anak yang sedang mengalami stres akan menjadi lebih sensitif, seperti mudah marah, mudah menangis, mudah tersinggung atau sering menyepelekan dan mengacuhkan tugas atau kewajiban yang biasa dia kerjakan setiap harinya.

  1. Sulit Berkonsentrasi

Perbedaan sifat, kebiasaan anak bisa menjadi salah satu tanda bahwa dia sedang mengalami stres. Jika anak kita selalu tanggap terhadap apa saja yang dia dengar dan dai lihat, namun tiba-tiba tidak bisa menunjukan kebiasaanya yang seperti demikian, maka kita harus mempertanyakannya. Cobalah lihat tatapan matanya ketika sedang melihat apapun dan sedang mengerjakan apapun, saat stres akan membuat masalah tersebut selalu terlintas dalam pikirannya, dan akhirnya membuatnya tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan apapun. Bahkan tatapan matanya akan terlihat kosong dan kurang memperhatikan apa yang sedang dia lihat atau kerjakan.

  1. Menjadi Penakut
Baca juga:  Ketahuilah Ciri-Ciri Anak Manja dan Cara Menghadapinya!

Hal aneh yang terjadi pada anak akan sangat mudah kita rasakan sebagai orang tua. Jika anak kita biasanya tidak pernah merasa takut akan berbagai hal, malah justru terkenal sebagai sosok yang pemberani dan tiba-tiba saja dia berubah menjadi penakut. Berarti ada sesuatu yang sedang dia rasakan dan dapat di katakan bahwa dia sedang mengalami tingkatan stres yang cukup tinggi. Cobalah untuk berkomunikasi secara pelan-pelan pada anak dan tanyakanlah alasannya mengapa hal itu bisa terjadi.

  1. Perubahan Pada Nafsu Makan

Saat anak dilanda stres, dia akan terlihat berbeda dari biasanya. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari adanya perubahan nafsu makan. Nafsu makan dapat saja hilang saat terjadi stres, karena masalah yang sedang dia hadapi menjadikan semua makanan terlihat tidak enak dan akhirnya membuatnya enggan untuk makan. Dan terjadinya kenaikan nafsu makan pada anak juga bisa menjadi tanda bahwa dia sedang banyak pikiran. Sebab anak bisa menjadikan makanan tersebut sebagai pelampiasan untuk meredakan rasa stres yang sedang dia hadapi. Untuk itu kenali anak kita sedekat mungkin, agar kita bisa mengetahui apa saja yang sedang dia sembunyikan.

  1. Sulit Tidur

Baik orang dewasa dan juga anaka-anak, saat sedang menghadapi banyak masalah pastilah akan terus teringat akan masalah tersebut, dan akhirnya membuat masalah kesulitan tidur. Tidak hanya itu, jika anak sering terbangun dimalam hari, dan mengigo tidak jelas juga dapat menjadi pertanda bahwa dia sedang mengalami stres. Apalagi jika sampai anak terbangun, menangis dan menjerit karena mimpi buruk, kita harus benar-benar waspada dengan keadaannya.

  1. Sakit Tanpa Sebab yang Jelas

Perlu kita ketahui, bahwa tanda-tanda stres pada anak juga dapat di lihat dari munculnya rasa sakit yang tidak diketahui apa penyebabnya. Misalnya saja tiba-tiba anak merasa demam, pusing, sakit perut dan lain sebagainya, padahal saat diperiksa dokter tidak menemukan adanya gejala penyakit apapun pada anak. Hal ini sangat mungkin terjadi saat anak kita mengalami stres, karena sakit tanpa sebab yang jelas dapat timbul akibat adanya reaksi tubuh terhadap rasa stres yang sedang diderita.

Baca juga: Inilah Tanda Anak Mengalami Dehidrasi Yang Perlu Ibu Waspadai

Demikian informasi mengenai tanda-tanda stres pada anak yang wajib kita ketahui sebagai orang tua. Jangan pernah mengabaikan  ciri-ciri stres yang dialami oleh anak, bantulah dia untuk mencari jalan keluarnya. Karena jika sampai stres ini terus berlanjut, dapat mengakibatkan masalah gangguan jiwa atau depresi tingkat tinggi.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

tanda tanda orang tua tidak sayang anak -

Inilah Tanda-Tanda Stres Pada Anak yang Harus Orang Tua Ketahui | Tips Kesehatan | 4.5