Tanda-Tanda Kelahiran Prematur Yang Perlu Diwaspadai

Ketika kita sedang hamil biasanya kita selalu berdoa agar proses kehamilan dan persalinannya selalu berjalan dengan normal dan sehat semuanya. Namun bagi para ibu hamil memang selalu memikirkan dan merasa ketakutan dengan kelahiran anaknya tidak normal atau terlahir dengan cara premature.

Karena tidak menutup kemungkinan bahwa setiap orang melahirkan pasti ada saja yang melahirkan secara premature. Bagi anda yang sudah memiliki kehamilan dengan usia 30 minggu pasti mereka akan mengalami kontraksi pada rahimnya dan kontraksi tersebut di sebut kram perut dan hal ini sebenarnya adalah rambu – rambu agar diri kita bersiap – siap untuk melahirkan. Penyebab terjadinya kontraksi biasanya di akibatkan oleh kondisi tubuh yang lelah lalu untuk menghilangkan keadaan ini anda cukup beristirahat saja.

Nah pada kesempatan kali ini TipsKesehatan123.com akan mendiskusikan tentang tanda – tanda kelahiran premature.

Kelahiran premature adalah proses melahirkan sebelum waktunya tiba dan biasanya proses kelahiran ini terjadi sebelum usia kandungan mencapai umur 37 atau lebih dari tiga minggu sebelum proses kelahiran. Dan perlu anda ketahui juga bahwa seseorang yang melahirkan secara premature biasanya anak tersebut kurang sehat. Namun tidak semua anak lahir dengan premature memiliki kesehatan yang kurang baik.

Ciri / tanda-tanda kelahiran prematur

Ciri / tanda-tanda kelahiran prematur (image: youtube.com)



Lalu Apa Saja Tanda – Tanda Kelahiran Prematur?

Ciri-ciri kelahiran prematur dapat dirasakan oleh ibu hamil namun kebanyakan dianggap seperti gejala kehamilan biasa. Oleh karena itu sudah sebaiknya setiap ada perubahan yang terjadi saat kehamilan tsb dikonsultasikan pada dokter kandungan kepercayaan Anda untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Berikut ini adalah gejala melahirkan secara premature yaitu :

  • Kontraksi – biasanya orang yang akan melahirkan secara premature akan di tandai dengan kontraksi setiap 10 menit atau lebih sering dari biasanya dan rasa sakit yang di alaminyapun begitu hebat dari biasanya.
  • Cairan vagina yang tidak normal – selain kontraksi yang hebat ibu juga akan mengalami kebocoran pada vaginanya dan kebocoran tersebut disebut air ketuban serta pendarahan hebat. Jadi bila ada cairan vagina yang keluar, Andapun sebaiknya hati-hati karena bisa jadi ini adalah ciri-ciri kelahiran prematur dan merupakan salah satu gejala kehamilan bahaya atau tidak normal.
  • Kram perut bagian bawah – kram yang akan di rasakan oleh ibu hampir sama seperti mereka akan terkena datang bulan bahkan sampai – sampai ibu mengalami diare juga merupakan tanda-tanda kelahiran prematur yang perlu diwaspadai.
  • Sakit punggung bagian bawah – tanda – tanda melahirkan prematur selajutnya yaitu di punggung bagian bawah akan merasa nyeri yang tiba – tiba datang dan tiba – tiba hilang begitu saja.
  • Tekanan panggul – janin yang ada di dalam rahim kita terasa ingin keluar atau menekan – nekan pada vaginanya. Sehingga seperti merosot kebawah.
  • Gejala flu klasik – Selain tanda-tanda kelahiran prematur seperti yang dijelaskan di atas, kondisi ibu sendiri terasa seperti akan terserang flu, mual, diare dan lainya. Maka dari itu apabila anda yang sedang mengandung memimiliki gejala – gejala seperti ini sebaiknya langsung hubungi dokter kandungan anda secepat mungkin.
Baca juga:  Ketahuilah Pentingnya Peranan Seorang Ayah Untuk Buah Hatinya

Itulah tanda – tanda bagi orang yang akan melahirkan secara premature yang perlu diwaspadai. Nah bila Anda mengalami salah satu ciri-ciri kelahiran prematur seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan. Semoga dengan informasi yang sedikit ini bisa membantu anda untuk menjaga kondisi dan juga kesehatan sehingga anda terhindar dari persalinan secara premature. Selain itu anda dan bayi anda juga memiliki kesehatan yang cukup baik.

Tanda-Tanda Kelahiran Prematur Yang Perlu Diwaspadai | Tips Kesehatan | 4.5