Inilah Tanda Anak Mengalami Dehidrasi Yang Perlu Ibu Waspadai

Tanda Anak Mengalami Dehidrasi – Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup atau kondisi disaat tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi dapat diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya kurangnya memenuhi asupan cairan dengan kurang mengkonsumsi air putih, terlalu sering buang air besar atau diare, terlalu sering buang air kecil, karena terlalu banyak melakukan aktivitas fisik yang dapat membuat tubuh banyak mengeluarkan keringat secara berlebihan dan juga karena muntah yang terjadi secara terus menerus.

Dehidrasi ini dapat terjadi kepada siapa saja, tidak hanya anak-anak ataupun orang dewasa dan juga orang tua, bahkan bayipun dapat terkena dehidrasi ini. Namun masalah dehidrasi ini biasanya akan lebih sering dialami oleh anak kecil atau juga pada bayi, sebab bayi dan juga anak kecil tubuhnya masih sangat rentan terhadap segala macam penyakit, dan biasanya bayi dan anak-anak akan lebih sering mengalami diare dan juga muntah-muntah.

Demam yang dialami oleh anak juga menjadi salah satu penyebab dari masalah dehidrasi, untuk itu ibu harus selalu mencoba memberikan asupan cairan yang cukup kepada anaknya dikala masalah seperti demam, diare dan muntah terus di alami oleh anak. Dan ibu juga perlu tahu, apa saja tanda-tanda anak yang terkena dehidrasi, hal ini penting untuk menjadi perhatian ibu, agar bisa segera memberikan penanganan yang terbaik di saat tanda-tanda dehidrasi ini muncul pada anak anda. Bingung apa saja tanda-tanda anak mengalami dehidrasi? Berikut ini ulasannya …

Tanda-Tanda Anak Mengalami Dehidrasi

Tanda-Tanda Anak Mengalami Dehidrasi



Baca juga: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Yang Mudah Marah dan Menangis

Apa Saja Gejala atau Tanda-Tanda Anak Mengalami Dehidrasi?

Berikut ini adalah ciri ciri dehidrasi pada anak-anak, yaitu:

  1. Kondisi Anak yang Terlihat Lesu Dan Mudah Mengantuk

Ibu juga perlu untuk mewaspadai perubahan yang terjadi pada anak. Jika anak ibu tidak terlihat ceria seperti biasanya, dan justru tampak lesu dan mudah mengantuk, maka bisa jadi sang buah hati sedang mengalami dehidrasi. Pasalnya dehidrasi dapat menjadikan sistem metabolisme di dalam tubuh terganggu, sehingga akan menyebabkan anak menjadi lebih mudah mengantuk, tidak bersemangat dan juga tampak lesu. Ibu harus segera menyuruh anak untuk memperbanyak minum misalnya air putih, susu formula atau memakan buah-buahan apa saja yang banyak mengandung air jika menemukan tanda tanda anak mengalami dehidrasi. Jaga kesadaran anak, jangan sampai anak kehilangan kesadaran.

Baca juga: Inilah Hal Sepele Yang Justru Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir

  1. Jarang Buang Air Kecil

Anak-anak biasanya akan selalu melapor pada ibunya ketika dia berkeinginan untuk pipis, karena memang terkadang anak kecil masih membutuhkan bantuan ibunya dalam hal buang air kecil ini, entah melepaskan celananya, dan juga mencebokinya. Karena hal inilah yang akan membuat ibu tahu seberapa kali anak ibu pipis dalam seharinya, dalam kondisi tubuh anak sedang normal atau sehat. Jika ibu tidak mendapati anak pipis dalam waktu 2 sampai 3 jam, dan kebetulan anak ibu sedang dalam kondisi sakit maka ibu wajib mengecek, apakah diam-diam dia ngompol dicelana atau tidak. Jika ibu mendapati celana anak masih kering dan dalam waktu 5 sampai 6 jam tak juga minta pipis, maka itu pertanda anak ibu mengalami dehidrasi yang parah.

  1. Air Seni Berwarna Keruh atau Pekat
Baca juga:  Kesalahan Orang Tua Yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak

Hal lain yang menandakan bahwa anak ibu mengalami dehidrasi adalah adanya air seni yang berwarna keruh atau pekat. Jika ibu melihat air kencing yang anak keluarkan semakin keruh warnanya, itu menandakan dehidrasi yang dialami anak semakin berat. Sebab keluarnya air seni dengan warna yang keruh dapat terjadi akibat organ ginjal yang bertugas menyaring racun dalam tubuh, terlalu keras bekerja, sehingga akhirnya menyebabkan air seni keruh dan pekat.

  1. Elastisitas Kulit Berkurang

Selain memperhatikan frekuensi air seni, air mata dan juga ubun-ubun, hal lain yang bisa menjadi tanda adanya masalah dehidrasi pada anak adalah dengan elastisitas kulit atau munculnya skin turgor. Saat cairan di dalam tubuh anak tercukupi, kulit mereka cenderung akan lebih terasa elastisitasnya. Untuk mengetahui elastisitas kulit yang baik bisa dilakukan dengan cara mencubit bagian punggung tangan si kecil, kemudian perhatikanlah berapa lama kulit yang telah dicubit tadi kembali pada posisinya yang semula. Jika dalam 2 detik kulit sudah berada pada posisinya kembali maka bisa dikatakan anak tidak mengalami dehidrasi. Akan tetapi jika membutuhkan waktu lebih dari 2 detik untuk kembali pada posisi semula maka dapat diartikan anak anda mengalami dehidrasi yang parah.

  1. Dehidrasi Pada Bayi Akan Membuat Ubun-Ubun Menjadi Cekung

Selanjutnya tanda-tanda anak mengalami dehidrasi adalah ubun-ubun terlihat cekung, hal ini dapat terjadi pada anak ibu yang masih bayi. Terjadinya ubun-ubun cekung dapat diartikan dengan fontanel, yaitu tanda bahwa anak sedang mengalami dehidrasi. Jika ibu mendapati ubun-ubun bayi yang cekung, tak perlu ragu-ragu untuk secepatnya membawa ke dokter untuk segera mendapat pertolongan dan penganganan yang tepat.

  1. Menangis Namun Tidak Mengeluarkan Air Mata

Perlu ibu ketahui, cara memastikan anak mengalami dehidrasi atau tidak juga dapat dilihat dari air mata yang keluar saat anak menangis. Jika di saat anak demam, terkena diare atau muntah-muntah, pastilah anak akan merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan pada anak kecil dapat diungkapkan dia dengan cara menangis. Namun ketika ibu melihat anak menangis tanpa mengeluarkan air mata dan terlihat matanya kering maka itulah tanda bahwa si kecil sedang mengalami dehidrasi.

Jika sampai masalah dehidrasi ini datang pada anak ibu, yang perlu ibu lakukan pertama adalah terus memberikan ASI atau susu formula serta menyuruh anak lebih banyak meminum air putih atau cairan elektrolit. Segeralah berkonsultasi ke dokter, agar masalah dehidrasi ini dapat segera diatasi.

Itulah informasi seputar ciri atau tanda anak mengalami dehidrasi yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat …

Inilah Tanda Anak Mengalami Dehidrasi Yang Perlu Ibu Waspadai | Tips Kesehatan | 4.5