Perubahan Tubuh Menjelang Persalinan Yang Perlu Diketahui

Perubahan tubuh menjelang persalinan – Mengapa setiap orang yang baru merasakan hamil memiliki perubahan tubuh yang begitu mencolok yah? Mungkin banyak yang menanyakan yang sama dengan pertanyaan saya tentang perubahan tubuh ketika hamil dan juga masa persalinan. Menurut para ahli kesehatan alasan kenapa tubuh kita ketika sedang hamil bisa berubah di karenakan tubuh ibu akan menyesuaikan dengan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungannya dan perubahan tersebut juga tidak hanya di bagian perut saja tetapi di bagian tubuh lainya juga akan mendapatkan perubahan seperti di bagian rambut, kulit, serta payudara anda juga ikut berubah.

Kemudian di beberapa minggu sebelum persalinan biasanya tubuh anda juga akan mengalami perubahan untuk mempersiapkan proses persalinan yang cukup berat. Nah dengan adanya perbuhan yang cukup drastis para ibu – ibu tidak usah kawatir karena perubahan tersebut tidak mengandung penyakit lainya. Bahkan orang jaman dulu sudah terbiasa melihat perubahan tubuh menjelang persalinan untuk menyiapkan kelahiran sang buah hati. Untuk melihat secara detailnya saya akan menerangkan tentang perubahan tubuh ketika mejelang persalinan hanya di TipsKesehatan123.com berikut ini ..

perubahan tubuh menjelang persalinan

perubahan tubuh menjelang persalinan (image: pregnantchicken.com)

Baca juga: Jenis Latihan Menjelang Persalinan Agar Lancar, Normal, dan Sehat

Apa Saja Perubahan Tubuh Menjelang Persalinan Yang Perlu Diketahui?

Berikut ini perubahan tubuh sebelum melahirkan yang mungking terjadi, yaitu:

Posisi Janin Menurun

Perubahan yang pertama yaitu janin menurun, apabila persalinan anda sudah mulai dekat biasanya janin akan menurun menuju rongga panggul ( pelvis ) dan hal ini juga bisa anda rasakan dimana perut anda akan merasakan lebih berat dan adanya tekanan, rasa yang tidak nyaman. Tanda – tanda penurunan janin biasanya ibu akan rasakan dalam bentuk lebih sering ingin buang air kecil, namun dengan terjadinya penurunan janin ibu menjadi lebih lega karena rongga paru – paru ibu menjadi lebih longgar. Selain itu bisa menyebabkan puncak rahim atau fudus menjadi berkurang ketinggiannya. Apabila hal ini sudah anda rasakan sebaiknya anda bergegas pergi ke dokter.

Baca juga:  Tanda-Tanda Kelahiran Prematur Yang Perlu Diwaspadai

Proses Pembukaan

Perubahan tubuh menjelang persalinan berikutnya adalah adanya proses pembukaan ( dilatasi ), hal ini merupakan sebuah proses pembukaan jalan bayi atau mulut rahim. Biasanya proses ini datang ketika usia kandungan sudah tua atau lebih tepatnya jalan 1 sampai 2 minggu sebelum prose melahirkan namun perlu anda ketahui bahwa hal ini tidak dapat di pastikan. Maka dari itu sebaiknya anda lebih waspada atau bersiap – siap.

Proses Kontraksi

Kontraksi Braxton hicks merupakan sebuah istilah dari kontraksi palsu atau mulas seperti orang yang akan melahirkan dan hal ini akan terjadi ketika usia kandungan sudah memasuki umur trisemester kedua. Dengan terjadinya hal ini sebaiknya ibu jangan terlalu cemas karena hal ini sudah biasa dirasakan oleh seluruh wanita hamil. Menurut para ahli kandungan sebenarnya hal ini sering disebut sebagai latihan persalinan dan tanda – tandanya biasanya tidak mudah kita pahami. Namun di sisi baiknya kontraksi seperti ini mulut rahim menjadi lebih kuat dan matang sehingga nantinya lebih siap untuk melakukan persalinan.

Pemendekan Mulut Rahim / Effacement

Ketika keadaan normal biasanya mulut rahim akan menutup untuk menjaga supaya proses kehamilan tetap terjaga dan janin tetap berada di dalam rahim. Menjelang persalinan, mulut rahim akan memendek sehingga mulai terbuka.

Nah itulah beberapa perubahan tubuh menjelang persalinan yang perlu diketahui. Bila Anda sudah mengalami tanda-tanda melahirkan di atas, sebaiknya sudah bersiap-siap untuk datang ke rumah sakit. Semoga bermanfaat ..

Perubahan Tubuh Menjelang Persalinan Yang Perlu Diketahui | Tips Kesehatan | 4.5