Ketahuilah Pentingnya Peranan Seorang Ayah Untuk Buah Hatinya

Peranan Seorang Ayah Untuk Buah Hatinya – Pada masa sekarang ini, tidak ada lagi perbedaan umum antara seorang perempuan dengan seorang laki-laki. Apalagi dalam hal membesarkan seorang anak. Peranan kedua orang tua sangatlah dibutuhkan oleh seorang anak untuk membimbingnya sampai dia dewasa nanti. Siapa bilang hanya peranan dari ibulah yang paling dibutuhkan oleh buah hatinya, faktanya anak membutuhkan sosok seorang ayah dan juga ibu di dalam kehidupannya. Bahkan sosok seorang ayah begitu dibutuhkan untuk menunjang kecerdasan emosional anak, memberi motivasi untuk masa depannya, serta membantu meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi. Jika ayah hanya berperan sebagai pencari nafkah saja tanpa ikut memantau perkembangan serta pertumbuhan anaknya, maka bisa saja anak tidak merasakan adanya sosok seorang ayah di kehidupannya.

Untuk itu, baik ayah ataupun ibu harus secara bersama-sama ikut bertanggung jawab atas masa depan sang anak. Jangan biarkan anak hidup hanya dekat dengan seorang ibu, karena tanpa ayah, anak akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi, baik dilingkungan sekitarnya, dan juga di sekolahnya. Untuk itu sesibuk apapun anda sebagai ayah, tetaplah berilah yang terbaik untuk anak anda, jangan hilangkan waktu-waktu berharga bersama sang buah hati, dan mencobalah untuk selalu menjadi ayah yang siap menjalani berbagai peranan untuk anaknya.

Memang berat tanggung jawab seorang ayah, selain bertugas mencari nafkah untuk anak istrinya, ayah juga harus tetap ada di kala anak dan istri membutuhkannya. Seorang ayah juga bertugas untuk ikut memabantu mendidik anak-anaknya, melihat perkembangan anaknya, dan membantunya mecapai segala cita-cita di masa depannya. Wujud perhatian seperti apa yang dapat ayah berikan untuk anak-anaknya? Untuk lebih jelasnya simak beberapa hal yang perlu ayah lakukan untuk menunjukan rasa kasih sayangnya pada sang buah hati.

Ketahuilah Pentingnya Peranan Seorang Ayah Untuk Buah Hatinya

Ketahuilah Pentingnya Peranan Seorang Ayah Untuk Buah Hatinya



Baca juga: Kesalahan Orang Tua Yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak

Bagaimana Cara Memenuhi Pentingnya Peranan Seorang Ayah untuk Buah Hatinya?

Bila Anda seorang ayah, cobalah untuk selalu memberikan kasih sayang untuk sang buah hati dengan cara berikut ini ..

  1. Mencoba Untuk Selalu Memberikan Perhatian Pada Anak

Perhatian dari seorang ibu bagi anak itu sudah menjadi hal yang sangat biasa, karena setiap hari ibunyalah  yang selalu siap siaga memberikan kasih sayangnya. Namun seorang anak tidak hanya membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari seorang ibu, justru kasih sayang ayah kepada anaknya seringkali dinanti dan sangat diharapkan oleh sang anak. Meskipun hanya sebatas, namun memiliki kesan yang sangat dalam di hati sang anak. Untuk itu, ayah harus bisa meluangkan waktu sibuknya untuk sedikit mengungkapkan rasa sayangnya pada sang anak. Tanyakanlah hal-hal tentang kesehariannya, tentang kegiatan sekolahnya, tentang teman-temannya dan lain sebagainya.

Ucapkanlah kata-kata yang mampu membuat anak tersenyum bahagia bersama anda, berilah pelukan, usapan di rambutnya dan jangan pelit memberikan pujian pada  anak jika anak telah berhasil melakukan sesuatu dengan baik. Berikanlah semangat untuk anak, dukunglah setiap keinginannya untuk berkebang dan jangan lupa usahakan untuk datang disaat anak benar-benar membutuhkan figur seorang ayah di dekatnya.

  1. Meluangkan Sedikit Waktu Untuk Anak

Seorang ayah memang jarang memiliki banyak waktu luang untuk anaknya, tidak seperti ibu yang hampir setiap harinya bahkan setap menitnya berada dekat dengan buah hatinya. Namun seorang ayah yang baik akan berusaha mencoba memberikan sedikit waktunya untuk bisa dekat dengan anaknya. Cobalah untuk mengajak anak bercengkerama, dan mengajaknya untuk melakukan hal-hal seru yang akan terus diingat oleh sang anak. Sehingga anak akan merasakan sososk seorang ayah yang menyenagkan di hatinya.

Anak juga akan merasa bentuk perhatian dari ayahnya, dan tidak merasa kehilangan sosok ayah dalam hidupnya. Meskipun hanya sebentar namun hal ini mempunyai makna tersendiri untuk tumbuh kembang sang anak.

  1. Melakukan Hal Bersama

Kesibukan seorang ayah memang menjadi toleransi bagi istrinya, namun tidak untuk anaknya. Sebab bagaimapun anak tidak boleh merasa jauh dengan anaknya. Maka dari itu sebisa mungkin seorang ayah harus memiliki waktu paling tidak untuk makan bersama, jika tidak bisa setiap kali paling tidak di waktu pagi saat sarapan.

Gunakanlah sedikit waktu sarapan tersebut sebaik mungkin, buatlah suasana yang hangat, ramai, dan penuh dengan kesan yang tidak terlupakan. Sehingga anak bisa tetap merasakan kehadiran seorang ayah, merasakan kehangatan kebersamaan meskipun hanya sekali dalam sehari.

  1. Mencipatakan Liburan yang Menyenangkan

Seorang ayah juga harus bisa membuat waktu liburan menjadi waktu yang paling menyenangkan untuk anaknya. Rencanakanlah liburan ke suatu tempat yang menyenangkan, yang ditempat itu bisa mencipatakan kebersamaan, kekompakan dan jalinan yang lebih erat antara ayah dengan anak, dan juga istrinnya.

Jika kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan untuk mengajak anak jalan-jalan, maka siasatilah dengan melakukan banyak hal dirumah dengan cara bersama-sama, seperti menyapu bersama, mengepal kaca bersama, mencabuti rumput bersama dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang dapat menambah kekompakan ayah dan anak.

  1. Menyeimbangkan Waktu

Setiap hari seorang ayah harus bekerja mencari nafkah untuk keluarganya, maka dari itu tak bisa setiap waktu memberikan perhatian pada anak. Namun anda sebagai ayah juga harus bisa menyeimbangkan waktu bekerja dengan waktu bersama keluarga.

Saat berada dirumah jadilah figur seorang ayah yang hanya berkepentingan untuk anak dan istrinya, gunakan waktu sebaik mungkin untuk mendekatkan diri dengan anak dan juga istri. Hindari sibuk sendiri dengan gadget atau melakukan hal lainnya yang tidak bisa membawa peranan anak dan istrinya.

Itulah bentuk-bentuk perhatian seorang ayah yang dapat di tunjukan untuk anaknya. Jalinan anak dan juga ayah harus selalu di jaga, karena sesungguhnya anak begitu mendambakan sosok seorang ayah di kehidupannya.

Nah itulah beberapa contoh kebersamaan dengan buah hati dalam mewujudkan peranan seorang ayah untuk buah hatinya. Semoga bermanfaat …

Ketahuilah Pentingnya Peranan Seorang Ayah Untuk Buah Hatinya | Tips Kesehatan | 4.5