Waspadailah Penyebab Sakit Perut Pada Anak

Penyebab Sakit Perut Pada Anak – Sakit perut adalah keluhan yang paling sering orang tua dengar dari si kecil. Namun, biasanya orang tua tidak terlalu merasa khawatir dalam menyikapi hal tersebut. Biasanya orang tua akan mengolesi perut anak dengan minyak telon atau minyak kayu putih untuk mencoba meredakan sakit perut tersebut.

Ada beragam penyebab sakit perut pada anak, misalnya saja kekenyangan, karena terlalu banyak makan. Namun jika sakit perut yang dialami oleh anak diikuti dengan berbagai gejala lainnya seperti diare, muntah bahkan demam, bunda harus waspada akan hal tersebut. Keluhan seperti sakit perut pada anak-anak mungkin terlihat sepele, namun bunda tidak boleh meremehkannya. Karena sakit perut tersebut dapat menjadi indikasi adanya gangguan yang sedang terjadi di dalam sistem pencernaan si kecil.

Sakit perut yang dikeluhkan oleh anak dapat terjadi akibat adanya masalah di dalam fungsi pencernaan yang melibatkan organ-organ pencernaan yaitu hati, usus, lambung, dan juga pankreas. Sakit perut di bagi menjadi dua, yaitu sakit perut akut yang sering terjadi secara tiba-tiba dan sakit perut kronis yang terjadi secara berulang-ulang. Entah masuk kedalam golongan apapun sakit perut yang dialami anak, memang sebaiknya harus segera mendapat pertolongan yang tepat. Dan untuk menambah informasi bunda, sebenarnya ada beberapa penyebab munculnya keluhan sakit perut pada anak yang bisa bunda ikuti selengkapnya berikut ini.

Waspadailah Penyebab Timbulnya Keluhan Sakit Perut Pada Anak

Penyebab Timbulnya Keluhan Sakit Perut Pada Anak



Baca juga: Cara Alami Mengobati Perut Kembung

Penyebab Sakit Perut Pada Anak yang Harus Ibu Waspadai

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri perut pada anak-anak yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Sembelit

Sembelit merupakan penyebab timbulnya sakit perut yang diakibatkan oleh masalah buang air besar. Memang terkesan umum, namun jika dibiarkan tentunya akan membuat masalah pada kesehatan anak. Sembelit dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya kurangnya asupan serat dan juga cairan tubuh. Agar anak terbebas dari masalah sembelit bunda bisa memberikan asupan makanan yang banyak mengandung serat, serta memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari. Jika anak terlalu sedikit mengkonsumsi air putih hal ini akan membuat fungsi usus jadi terganggu, pergerakan usus menjadi terhambat dan akhirnya terjadilah masalah sembelit.

  1. Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah salah satu jenis keluhan sakit perut perut yang terjadi pada anak dengan gejala timbulnya rasa nyeri disertai dengan diare, muntah, demam, dan hilangnya nafsu makan. Sakit perut gastroenteritis ini diakibatkan oleh adanya inveksi dari virus Calicivirus,  Astrovirus, Rotavirus, dan Adenovirus juga bisa karena adanya bakteri salmonella atau E coli. Untuk penanganan pertama pada anak yang terserang gastroenteritis ini adalah dengan memberinya asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi berat. Setelah itu, bawalah anak pada dokter untuk pengobatan yang lebih tepat.

Baca juga: Inilah Tanda Anak Mengalami Dehidrasi Yang Perlu Ibu Waspadai

  1. Invaginasi
Baca juga:  Mengetahui Penyebab Menstruasi Saat Hamil Agar Tidak Salah Penanganan

Invaginasi adalah bentuk sakit perut yang terjadi pada anak yang diakibatkan adanya bagian usus yang masuk pada saluran usus yang berada di sebelahnya. Gangguan ini lebih banyak terjadi pada anak-anak usia dibawah 2 tahun. Akibat sumbatan usus ini akan sering mengakibatkan gejala perut kembung, muntah darah atau lendir serta buang air besar yang disertai dengan darah dan juga lendir. Saat perut anak diraba akan terasa ada benjolan, untuk mengatasi masalah ini, secepatnya bawalah anak bunda ke dokter untuk mendapat pertolongan yang tepat.

  1. Alergi Terhadap Susu

Biasanya sakit perut yang terjadi akibat alergi susu sering menyerang bayi dan juga anak-anak. Sakit perut karena alergi susu biasanya timbul dengan gejala sakit perut, muntah, diare dan juga timbulah ruam di kulit. Timbulnya ruam ini merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap kandungan protein dalam susu. Hal lain yang dapat menyebabkan sakit perut pada anak adalah akibat adanya intoleransi laktosa, yang akan ditandai dengan mual, muntah, diare, kram perut dan perut kembung. Kondisi ini bisa terjadi akibat tubuh tidak menghasilkan enzim yang berguna untuk mencerna laktosa.

  1. Akibat Adanya Usus Berputar atau Volvulus

Gangguan sakit perut akibat volvulus atau usus berputar dapat dilihat dengan timbulnya gejala sakit perut, kembung, muntah, demam, susah buang air besar, buang air besar berdarah dan perut akan terasa nyeri saat di sentuh. Biasanya anak-anak akan di buat rewel dan terus menangis akibat gangguan ini. Hal ini membutuhkan penanganan medis secepatnya.

  1. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu juga salah satu penyebab keluhan sakit perut pada anak. Hal ini ditandai dengan adanya keluhan rasa sakit yang hebat terutama pada bagian bawah perut sebelah kanan dan diikuti juga dengan gejala demam serta muntah. Segeralah bawa anak ke dokter jika keluhan semakin bertambah parah.

Bunda jangan pernah remehkan penyebab sakit perut pada anak, meskipun gejalanya terlihat ringan, namun tetap saja itu sebuah masalah kesehatan pada anak. Sehingga perlu adanya penanganan yang tepat yang sesuai dengan gejala. Semoga dapat membantu bunda ya, dalam menyikapi segala masalah atau keluhan sakit perut pada anak.

Waspadailah Penyebab Sakit Perut Pada Anak | Tips Kesehatan | 4.5