Hal-hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

Penyebab Penyakit Anemia Penyakit anemia adalah kondisi pada tubuh dimana sel darah merah dan hemoglobin berada di bawah normal. Hemoglobin sendiri adalah bagian pada sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Apabila seseorang memiliki kadar hemoglobin dibawah normal mengakibatkan sel-sel dalam tubuh kekurangan oksigen sehingga menimbulkan gejala anemia. Gejala utama yang terlihat pada penderita anemia adalah lemah dan lesu karena organ dalam tubuh kekurangan oksigen sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca juga: Penyakit Kanker Darah: Jenis, Gejala, dan Pengobatannya

Pada masyarakat anemia lebih dikenal dengan penyakit kekurangan darah. Penyakit kekurangan darah ini kadang disamakan dengan penyakit darah rendah padahal ini adalah dua hal yang berbeda. Penyakit darah rendah adalah tekanan darah yang rendah bukan kadar hemoglobinnya yang rendah. Jika anda mengetahui perbedaannya mulai dari sekarang jadi bisa melakukan penanganan yang tepat terhadap penyakit tersebut. Berikut dalam artikel ini kami akan membahas apa saja penyebab penyakit anemia.

Hal-hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

Hal-hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia (image: rd.com)



Hal-hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

  1. Penyebab Anemia Karena Kekurangan Produksi Sel Darah Merah

Jika kualitas dan kuantitas sel darah merah dalam tubuh berkurang yang disebabkan oleh terganggunya pembentukan hemoglobin atau kurangnya sel darah merah dalam tubuh menjadi penyebab terjadinya anemia. Sel darah merah dan hemoglobin yang tidak terlalu bagus juga bisa berpengaruh terhadap anemia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan mineral dan vitamin dalam tubuh.

  1. Penyebab Anemia Karena Kehilangan Darah

Sel darah merah yang ada dalam tubuh dapat berkurang ataupun hilang pada saat orang mengalami pendarahan. Pendarahan bisa terjadi karena berbagai macam hal seperti kecelakaan, luka dan pendarahan perlahan-lahan namun dalam waktu yang lama yang terjadi pada penderita wasir, radang lambung, dan kanker. Penggunaan obat anti inflamasi juga bisa menyebabkan kekurangan sel darah merah seperti ibuprofen atau aspirin bisa menyebabkan pendarahan saluran pencernaan.

  1. Penyebab Penyakit Anemia Karena Rusaknya Sel Darah Merah
Baca juga:  Tips Prosedur Fitness Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Apabila sel darah merah rapuh serta tidak dapat menahan stress rutin akibat sistem peredaran darah maka bisa menyebabkan sel darah merah pecah dalam keadaan prematur dan menyebabkan anemia hemolitik. Anemia hemolitik biasanya susah untuk dideteksi karena kebanyakan anemia ini disebabkan oleh faktor keturunan. Selain itu racun dari penyakit liver kronis hipertensi berat juga bisa menyebabkan anemia hemolitik.

  1. Wanita Yang Sedang Dalam Masa Kehamilan

Wanita hamil juga rentan terkena resiko anemia hal ini disebabkan zat besi dan vitamin yang masuk dalam tubuh wanita hamil diserap oleh janin dalam kandungan karena janin membutuhkan asupan tersebut untuk berkembang. Oleh sebab itu ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuknya dan janin dalam perut agar tidak terserang anemia.

Baca juga: Inilah Beberapa Kebutuhan Ibu Hamil Tiap Trimester Yang Harus Dipenuhi

  1. Penyakit Kronis

Anemia bisa disebabkan oleh penyakit kronis yaitu arthritis rematik, penyakit ginjal, lupus, kanker dan penyakit yang disebabkan oleh penyakit kelenjar tiroid. Penyakit-penyakit kronis tersebut dapat mengganggu pembentukan sel darah merah sehingga berujung pada anemia.

Itulah tadi beberapa penyebab anemia yang harus anda waspadai. Jika tanda-tanda anemia sudah terlihat sebaiknya segera untuk diatasi.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

apakah penyebab anemia berpengaruh terhadap kesehatan -

Hal-hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia | Tips Kesehatan | 4.5