Inilah 5 Metode Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak – Orang tua harus bisa menanamkan rasa percaya diri sejak dini pada anak-anaknya. Sebab rasa percaya diri ini akan sangat dibutuhkan pada anak untuk bisa berkembang dan menjadi pribadi yang kuat. Memang tidak semua anak sama, terkadang sifat minder atau pemalu yang dimiliki anak yang satu dengan anak yang lainnya akan sangat jauh berbeda. Sehingga peranan orang tua disini akan sangat dibutuhkan, karena hanya orang tua yang tahu akan sifat dan watak dari si anak. Rasa minder yang berlebihan pada anak akan membawa dampak yang kurang baik untuk masa depannya, bahkan di saat anak mulai memasuki usia sekolah. Dari sinilah awal terlihatnya efek buruk dari sifat minder atau pemalu yang dimiliki anak, yang akan membuat orang tua lebih kerepotan menghadapi perilaku anak dalam bergaul dan mengenal lingkungan sekitar dan juga teman-temannya.

Untuk itulah sangat penting menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Jika anak anda tergolong anak yang sangat pemalu, maka cobalah untuk melatihnya sedikit demi sedikit untuk mengatasi dan menghilangkan rasa minder yang dimilikinya. Untuk anda yang masih bigung bagaimana cara mendidik anak agar bisa tampail percaya diri, maka simaklah 5 metode meningkatkan rasa percaya diri pada anak di bawah ini.

Inilah 5 Metode Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Bagaimana Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak?



Baca juga: 5 Hal Penting yang Perlu Diketahui Orang Tua Tentang Gangguan Albino Pada Anak

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Yang Terbukti Efektif

 Berikut ini adalah tips membuat anak lebih PD yang dapat Anda coba praktekan …

  1. Hindari Terlalu Memanjakan Anak

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang pertama adalah dengan menjadikannya pribadi yang lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Orang tua perlu melatih kemandirian si anak, dan hindari terlalu memanjakannya. Saat anak terbiasa dimanja maka saat itu pula dan seterusnya meski usianya sudah semakin dewasa, mereka akan selalu bergantung kepada orang tuanya atau orang lain. Bukan berarti orang tua tidak boleh memanjakan anaknya, akan tetapi demi membentuk pribadinya yang mandiri, kuat dan tangguh, orang tua tida boleh kelewatan dalam memanjakan anak.

Latihlah kemandirian anak sejak dini, seperti menyuruh mereka melakukan hal-hal yang sudah bisa mereka lakukan sendiri, dan ajaklah anak untuk belajar melakukan pekerjaan rumah yang tentunya dapat mereka kerjakan seperti membereskan mainan, menyapu lantai dan merapikan tempat tidur. Namun sebaiknya orang tua harus tetap mengawasinya. Mengajari kemandirian pada anak, akan membuat anak terlatih untuk mandiri, dan siap melakukan apapun meskipun tanpa bantuan orang lain, dan membuat mereka mau berusaha sendiri. Dengan cara ini maka sifat percaya diri anak akan tumbuh sedikit demi sedikit.

  1. Berkomunikasilah Dengan Anak

Sesibuk apapun anda sebagai orang tua, hendaklah untuk selalu berusaha memberikan waktu yang lebih untuk anak. Lakukanlah komunikasi setiap saat dengan anak, apalagi jika anak sudah mulai masuk sekolah. Akan ada banyak bahan pembicaraan untuk anda dan juga anak. Lebih banyak berkomunikasipun merupakan cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak loh!

Tanyakanlah hal-hal seputar sekolahnya, tentang bagaimana sekolahnya hari ini, bagaimana teman-temannya, gurunya dan apa saja keluhannya. Terkadang anak juga menyimpan masalah dalam dirinya, untuk itu sebagai orang tua yang baik lakukanlah pendekatan selalu untuk mengetahui keadaanya dan memberikan jalan atau solusi untuk masalah yang sedang dia hadapi.

  1. Jangan Pernah Menakuti Anak
Baca juga:  Inilah Tanda-Tanda Stres Pada Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

Orang tua memang harus bersabar benar dalam mendidik anak-anaknya, sebab anak-anak seringkali melakukan banyak hal yang mereka sendiri tidak mengetahui akan manfaat dan risiko yang harus dihadapinya. Sehingga kerap kali orang tua menakut-nakuti mereka dengan berbagai cara agar berharap anaknya tidak lagi melakukan lagi hal-hal yang merugikan bagi dirinya sendiri. Padahal menasehati yang benar tidak harus dilakukan dengan cara menakutinya, akan tetapi diberinya pengertian dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dengan bahasa yang menarik agar anak mudah untuk memahaminya. Dengan tidak menakut-nakuti maka anak akan tumbuh menjadi pribadi pemberani dan ini merupakan cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang efektif.

Jika anak terus ditakut-takuti, setiap kali melakukan sesuatu hal, maka ini akan berdampak buruk bagi perkembangannya. Hal ini dapat membuat anak menjadi takut untuk melakukan banyak hal dan dalam mengambil keputusan saat dia beranjak dewasa. Dan akhirnya, akan membuat anak menjadi pemalu dan enggan mengeksplor kemampuannya, karena takut akan membuat kesalahan.

  1. Hindari Memarahinya Tanpa Sebab yang Jelas

Anak-anak memang sering melakukan kesalahan namun mereka sejatinya belum mengerti dan memahami akan kesalahan yang mereka perbuat. Banyak orang tua yang langsung memarahi anak ketika anak berbuat kesalahan, sementara anak pasti akan merasa bingung mengapa selalu dimarahi, dan pasti akan merasa takut dengan orang tua mereka.

Seharusnya sebagai orang tua, harus bisa memahami sifat anak-anak, dan jika memang anak melakukan kesalahan jangan lekas memarahinya, namun berikanlah penjelasan dan pengertian tentang kesalahan yang mereka perbuat secara pelan agar anak tidak ketakutan dan bisa memahami akan kesalahan yang mereka perbuat. Sehingga untuk kedepannya pastilah anak akan mencoba untuk tidak melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut. Cara ini pun dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak loh.

Baca juga: Dampak Buruk Akibat Anak Kurang Kasih Sayang dari Orang Tuanya

  1. Jangan Pernah Mengejeknya

Apapun yang dilakukan oleh anak, sebaiknya jangan pernah mengejeknya dan ini merupakan cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang harus Anda lakukan. Berilah dukungan selalu untuk anak, meskipun terkadang apa yang dilakukan anak masih kurang sempurna di mata kita selaku orang tua. Terkadang ejekan orang tua memang hanya sebatas bercanda, namun tidak untuk anak-anak. Bagi anak ejekan dapat membuat mereka merasa malu dan akhirnya hilang kepercayaan diri, sehingga untuk kedepannya anak bisa saja tidak mau melakukan apapun karena takut akan hasil yang dicapai tidak bisa membuat orang tuanya senang atau justru mengejeknya.

Untuk itu, hargailah setiap apa yang dilakukan anak, berilah motivasi agar bisa lebih baik lagi dalam melakukan sesuatu hal, beritahukan caranya untuk bisa tampil lebih baik dan semakin baik. Dengan begitu, anak akan merasa dihargai dan akan memiliki keinginan untuk bisa menunjukan hasil yang lebih baik lagi.

Itulah 5 metode menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, yang bisa menjadi panduan anda sebagai orang tua dalam mendidik anak dan melatihnya untuk dapat tumbuh menjadi anak yang mandiri, dan bisa tampil percaya diri. Semoga cara meningkatkan sifat PD pada anak di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

metode apa untuk anak yang over percaya diri -metode untuk meningkatkan percaya diri anak -

Inilah 5 Metode Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak | Tips Kesehatan | 4.5