Tips Mengurangi Sakit Magh Pada Saat Hamil

Untuk anda yang sedang mengandung muda pasti akan mengalami penurunan pada nafsu makan yang akan di barengi dengan mual dan juga muntah – muntah hal ini dapat bisa terjadi dikarenakan pengaruh hormone yang meningkat secara drastis. Dengan hal seperti ini biasanya ibu hamil akan memiliki gejala sakit magh meskipun sebelumnya ibu hamil tidak memiliki riwayat sakit magh sama sekali.

Namun perlu anda ketahui penyebab sakit maag bukan hanya disebabkan oleh tidak teraturnya makan. Namun pada ibu hamil, sakit magh dapat disebabkan perubahan hormonal saat kehamilan. Hormone estrogen yang akan membantu membangun dinding  rahim sehingga dapat menyebabkan tubuh kita selalu ingin mual – mual sedangkan hormone pregesteron bisa menyebabkan pencernaan tubuh  menjadi melambat maka yang akan terjadi pada lambung tidak berisi apa – apa atau kosong serta kerja usus tidak efisien.

Nah pada kesempatan kali ini TipsKesehatan123.com akan memberikan sedikit tips tentang cara mengatasi sakit magh ketika kita sedang hamil.

tips mengurangi sakit magh pada saat hamil

tips mengurangi sakit magh pada saat hamil (image: eyogguroo.com)



Bagaimana Cara Mengatasi dan Mengurangi Sakit Magh Saat Hamil?

Berikut ini adalah beberapa tips mencegah sakit maag pada ibu hamil, yaitu:

  • Hindari stres ketika sedang hamil – Ketika anda sedang hamil sebaiknya anda tidak usah banyak pikiran yang menggangu karena dengan adanya pemikiran yang selalu menggagu anda pastinya anda akan mudah stress. Selain dapat memicu terjadinya stress, pikiran negatif juga dapat membuat asam lambung anda meningkat yang merupakan penyebab sakit magh. Maka dari itu alangkah baiknya anda harus menikmati masa – masa kehamilan yang sedang anda alami. Karena masa – masa hamil akan lebih menyenangkan ketika di nikmati dengan cara kita sendiri.
  • Ngemil secara teratur – Bagi anda yang memiliki sakit maag sebaiknya perut anda selalu terisi oleh makanan yang kaya nutrisi. Meskipun kita tahu bahwa perut kita selalu menolak segala makanan yang masuk kedalam tubuh kita tetapi kita harus selalu memaksanya untuk makan, hal ini untuk mencegah sakit magh anda kambuh kembali. Untuk mengurangi sakit magh saat hamil sebaiknya makanlah dengan porsi kecil namun lebih sering. Tips inipun dapat mencegah perut kembung saat kehamilan.
  • Coba makanan yang bervariasi – Menu yang berganti – ganti biasanya akan meningkatkan nafsu makan dan mencegah kebosanan. Selain itu variasi makanan pun akan menambah keragaman rasa dan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Dengan demikian Anda dan bayi dalam kandungan tidak akan kekurangan gizi.
  • Kunyahlah makanan dengan benar dan juga lembut – Ketika anda sedang memakan sesuatu sebaiknya anda mengunyahnya dengan benar dan juga lembut, karena dengan mengunyah makanan dengan benar dan lembut akan cepat membuat kita mudah kenyang. Selain itu kerja lambung juga tidak begitu berat dan dapat membantu mengurangi sakit magh pada ibu hamil.
  • Hindari berbaring ketika selesai makan – Bagi anda yang baru saja memakan sesuatu sebaiknya duduk dulu sampai makanan tersebut sampai kedalam lambung. Jadi jangan sampai setelah makan kita berbaring. Kebiasaan tiduran setelah makan merupakan kebiasan buruk yang harus dihilangkan.
Baca juga:  3 Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui, No. 2 Mencengangkan!

Demikian tips – tips untuk mengatasi penyakit maag pada ibu hamil. Semoga tips mengurangi sakit magh pada saat hamil di atas bisa membantu anda untuk mengurangi resiko – resiko yang tidak diinginkan selama proses kehamilan dari trisemester pertama sampai trimester terakhir.

Bila cara mengurangi sakit magh pada saat hamil di atas tidak dapat membantu Anda atau nyeri maag saat hamil terus mengganggu Anda, sebaiknya segera periksakan diri pada dokter kandungan Anda. Bila diperlukan, dokter pun akan meresepkan obat sakit magh untuk mengurangi rasa perih, mual dan kembung di perut Anda. Semoga bermanfaat ..

 

Tips Mengurangi Sakit Magh Pada Saat Hamil | Tips Kesehatan | 4.5