6 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan – Proses persalinan merupakan tahap akhir dari serangkaian kegiatan yang mesti dijalani oleh ibu semasa kehamilan. Tak heran jika banyak orang sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan segala keperluan agar nantinya bayi dan ibu bisa selamat.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain memilih rumah sakit atau klinik yang dekat dengan tempat tinggal, hal ini dimaksudkan agar pertolongan pada ibu dapat sesegera mungkin dilakukan. Kedua yaitu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai dokter atau bidan yang terpercaya, dalam hal ini mampu menyuguhkan pelayanan terbaik kepada pasiennya. Pastikan segala ketentuan tempat bidan atau dokter praktek yang anda pilih sebagai lokasi persalinan menetapkan prosedur yang aman dan sesuai dengan anda.

Seusai mekanisme tersebut berjalan lancar. Maka ibu akan memasuki tahap selanjutnya yaitu nifas. Dimana ketika proses ini berlangsung ibu diharuskan berhati-hati menerapkan pola makan serta gaya hidup yang nantinya akan berimbas pada kesehatan si buah hati.

Mengutip referensi berkaitan dengan makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan adalah solusi alternatifnya. Dengan melakukan tindakan ini setidaknya Anda mempunyai gambaran tentang menu apa saja yang perlu Anda sajikan beberapa minggu kedepan. Selektif dalam menghidangkan santapan juga tak boleh Anda luputkan.

Nah, bagi Anda yang sebentar lagi melahirkan, sederet makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan dibawah ini patut Anda kenali baik-baik. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan TipsKesehatan123.com berikut ini ..

makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan



Baca juga: 3 Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui, No. 2 Mencengangkan!

Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan

Berikut ini adalah 6 jenis pantangan makanan setelah melahirkan, yaitu

  1. Telur

Apakah Anda salah satu orang yang gemar sekali mengkonsumsi telur? Nampaknya kebiasaan ini harus dihentikan sementara seusai melahirkan. Sumber protein hewani yang satu ini nyatanya masuk dalam jajaran makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena telur dapat menghambat proses penyembuhan luka. Untuk memenuhi asupan protein, Anda bisa menggantinya dengan tempe atau tahu.

  1. Cabai

Hobi melahap sajian pedas seperti halnya cabai, merica, sambal, dan sejenisnya dapat mengganggu sistem pencernaan bayi. Makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan ini akan menyuplai rasa pedas pada air susu ibu yang notabene adalah nutrisi pokok bagi bayi. Apabila ASI yang diberikan ibu pedas, tidak menutup kemungkinan bayi terkena diare.

  1. Ikan berpatil
Baca juga:  Manfaat dan Proses Cara Melahirkan di Dalam Air, Ini Ulasannya!

Larangan menyantap makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan ini sudah sejak lama diaplikasikan oleh perempuan Jawa. Mereka beranggapan ketika seorang wanita yang baru saja usai dari proses bersalin memakan lauk ini maka perut akan terasa sakit seperti ditusuk-tusuk duri. Dan hal ini memang terbukti dirasakan oleh segelintir orang.

  1. Kopi

Minuman favorit yang mengandung kadar kafein tinggi ini berpotensi menimbulkan rasa gelisah pada si buah hati. Jadi, bagi anda para pecinta kopi batasilah konsumsi kafein atau hentikan rutinitas menyeruput kopi untuk sementara waktu. Kopi memang bagus untuk meningkatkan konsentrasi. Namun jika ia mengalir dalam ASI dan diminum bayi anda maka berimbas pada rasa cemas dan kegelisahan sang bayi yang ditunjukkan dengan tangisan.

  1. Junk food dan fast food

Makanan nirnutrisi ini punya kadar kalori dan lemak yang tinggi, berminyak, serta garam yang akan berdampak pada penurunan kesehatan.

Akibat yang ditimbulkan pun tidak main-main. Sebut saja kenaikan berat badan pasca melahirkan, depresi karena porsi yang berlebihan, serta memicu baby blues syndrome. Oleh karena itu jenis makanan ini sebaiknya tidak boleh dimakan setelah melahirkan.

  1. Lalapan

Lalapan mentah merupakan jenis makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan karena dapat mengakibatkan perut kembung karena peningkatan produksi gas dalam pencernaan. Makanan ini harus dihindari untuk jangka waktu tertentu sampai ibu sembuh karena dapat mendatangkan rasa sebah pada perut. Contoh lalapan ialah kubis kol, lobak, dan mentimun.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan ? Silahkan catat dan aplikasikan baik-baik ya?. Semoga bermanfaat.

 

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan -bolehkah ibu habis melahirkan makan ketimun -bolehkah setelah melahirkan makan mentimun -bolehkah makan timun setelah melahirkan -bolehkah makan timun setelag melahirkan -boleh gk setelah melahir kn mkn timun -apakah setelah vagina dijahit tidak boleh makan makanan berkuah -apakah orang sehabis melahirkan boleh makan tahu tempe -apa ikan dan telur tidak boleh dimakan seterah orang melahirkan? -yg tdak bleh dmkan ktika mlahirka -

6 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan | Tips Kesehatan | 4.5