Kesalahan Orang Tua Yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak

Kesalahan Orang Tua yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak – Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh orang tua dalam membesarkan anak-anaknya. Banyak hal yang rela mereka tinggalkan demi merawat dan menjaga sang buah hati kesayangan mereka. Dan setiap orang tua pastilah menginginkan segala hal yang terbaik untuk anaknya, dan berharap mereka kelak dapat menjadi anak yang dapat di banggakan dan berprestasi dalam segala hal. Namun seringkali orang tua membuat kesalahan yang justru secara perlahan merusak pribadi anak dan akan berakibat buruk bagi si anak nanti-nantinya. Akan tetapi, kesalahan tersebut seringkali tidak disadari oleh orang tua, dan jika hal ini dibiarkan terus berlanjut maka akan sangat berbahaya bagi anak.

Lalu kesalahan seperti apa yang sering tidak disadari oleh orang tua, yang dapat berakibat buruk untuk anak-anaknya? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Kesalahan Orang Tua yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak

Kesalahan Orang Tua yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak



Baca juga: Inilah Hal Sepele Yang Justru Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir

Aneka Kesalahan Orang Tua yang Tidak Disadari Akan Berakibat Buruk Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang tidak disadari oleh para orang tua namun ternyata berdampak buruk bagi anak kita, yaitu:

  1. Terlalu Memberikan Kebebasan Menggunakan Gadget

Untuk dapat terus berkomunikasi dengan anak biasanya orang tua pasti akan membelikan handphone kepada anak untuk keperluan tersebut. Tetapi perlu orang tua perhatikan bahwa saat memberikan anak gadget, cobalah untuk menjelaskan fungsinya untuk apa, dan jangan biarkan anak terlalu bebas menggunakan gadget. Berilah dia waktu untuk menggunakan gadget tersebut, batasilah penggunaan aplikasi yang tidak penting, atau jika memang keperluannya hanya sebatas untuk berkomunikasi saja, berikan handphone dengan kemampuan yang standar saja, misalnya yang penting bisa untuk sms dan telepon. Jangan karena mampu membelikan anak handphone yang bagus, malah akhirnya berdampak buruk untuk anak anda.

  1. Terlalu Berlebihan Dalam Mengontrol Anak

Hindari terlalu berbihan dalam mengawasi anak, karena semakin anda banyak mengngontrolnya dan sama sekali tidak memberikan kebebasan pada sang anak, justru akan membuat anak semakin susah untuk diatur. Untuk anak memang harus ada peraturan dan batasan-batasan tertentu dalam bergaul dan dalam melakukan hal-hal lainnya, akan tetapi sekali-kali berilah kepercayaan pada anak sehingga dia akan merasa di beri tanggung jawab dengan apa yang telah dia lakukan.

  1. Sering Membagi Waktu Saat Bersama Anak

Sudah semestinya anak selalu ibu beri dukungan dan waktu khusus yang hanya untuk bersamanya. Sehingga anak bisa merasakan disayangi dan diperhatikan. Namun banyak kejadian pada sekarang ini, seorang ibu yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk sibuk dengan gadgetnya dari pada dengan anaknya. Hal ini akan membuat anak bosan dengan anda, apalagi saat sedang bercanda bersama dan tiba-tiba ponsel ibu berbunyi, pastilah ibu lebih tertarik dan berlama-lama menggegam ponsel ibu dari pada memperhatikan tanggapan anak secara emosional.

  1. Bergosip Saat Ada Si Kecil
Baca juga:  Inilah Tanda-Tanda Stres Pada Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

Seorang ibu lebih banyak menghabiskan waktu dengan anaknya, maka dari itu gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin untuk mengajari anak hal-hal yang positif. Akan tetapi, kebanyakan dari ibu justru sering melakukan kegiatan yang kurang baik di depan si kecil, contohnya adalah bergosip. Meskipun si kecil terlihat tidak memperhatikan akan tetapi sebenarnya dia sedang mendengarkan setiap perakataan yang keluar dari mulut ibu. Anak-anak memiliki daya ingat yang masih luar biasa baiknya, sehingga apa yang dia dengar dan apa yang dia lihat, semua akan ditangkapnya dalam ingatan otaknya. Untuk itu, mulai saat ini jangan pernah bergosip di depan anak, jika tidak ingin anak ibu meniru kebisaan buruk ibu tersebut.

  1. Hanya Memperhatikan Penampilan Fisik

Pada masa sekarang ini banyak orang tua yang justru lebih mementingkan penampilan fisik anak ketimbang kualitas otaknya. Penampilan fisisk memang perlu untuk diperhatikan dan dibenahi agar anak bisa terlihat lucu dan menarik. Akan tetapi ada hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan, yaitu kecerdasan, bakat dan juga emosi anak. Karena penampilan fisik yang sempurna tidak akan berguna jika anak kurang pintar dalam masalah pelajaran disekolahnya, tidak bisa memahami apa yang di sampaikan oleh gurunya, dan tidak bisa mengatur emosinya. Tampilan fisik dan juga kecerdasan seharusnya sama-sama menjadi prioritas utama dalam mengaplikasikannya kepada anak, sehingga anak tidak hanya menonjol dalam hal penampilan, akan tetapi dalam kepintaranpun anak bisa menjadi juaranya.

  1. Jangan Berlebihan Memberi Pertolongan Pada Anak

Ibu yang biasa terlalu memanjakan si kecil sebaiknya mulai sekarang stop untuk melakukannya. Sebab memanjakan atau selalu memberi pertolongan yang berlebihan pada anak dalam segala hal, akan membuat anak selalu terbiasa bergantung pada anda. Sehingga saat dewasa anak tidak bisa hidup dalam kemandirian, bahkan untuk melakukan hal-hal yang sepele akan selalu meminta bantuan orang lain untuk melakukannya.

  1. Sering Menyebut Kekurangan Diri Sendiri

Sadarkah ibu, ketika sering mengeluh tentang kekurangan ibu sendiri ternyata akan memberi pengaruh yang buruk juga kepada anak. Mungkin ibu tidak menyadarinya ketika ibu sering mengeluh ibu terlalu kurus, ibu terlalu gemuk, ini, itu dan sebagainya, ternyata anak diam-diam memperhatikan dan efeknya akan membuat anakpun ikut menjadi pribadi yang kurang percaya diri, sama seperti ibu. Untuk itu, tak perlu menyebutkan kekurangan diri pada anak, karena anak juga pasti akan mencotoh apa yang sering menjadi kebiasaan ibunya.

Baca juga: Inilah 5 Metode Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Itulah beberapa kesalahan orang tua yang sering tidak disadari dan dampaknya berakibat buruk untuk anak. Mungkin terlihat sepele, namun ingatlah kebiasaan orang tua dan cara orang tua memberikan contoh yang salah pada anak, tentu efeknya akan bisa langsung terlihat pada anak. Karena anak adalah makhluk kecil yang masih memiliki daya fisual hebat untuk dapat mencerna apa yang dia lihat dan apa yang dia dengar.

Kesalahan Orang Tua Yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak | Tips Kesehatan | 4.5