Inilah Hal Sepele Yang Justru Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir

Hal Yang Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir – Bahagianya seorang wanita yang setalah menikah akhirnya bisa mengandung, dan kebahagiaan itu akan semakin berlipat ganda ketika menyaksikan kehadiran buah hatinya yang selama 9 bulan lebih selalu di nanti tangisannya dan senyumannya. Bayi yang baru lahir harus benar-benar mendapatkan perawatan yang intensif, sebab segala yang dimilikinya masih sangat sensitif dan rapuh, sehingga butuh kehati-hatian yang sangat tinggi dalam mengurus dan merawatnya.

Siapapun orangnya, pasti akan gemas melihat makhluk kecil yang mungil dihadapan mereka, sehingga tak heran jika siapapun ingin melihat dan memegangnya. Namun, tahukan bunda ada hal-hal yang dapat dikatakan sepele akan tetapi dapat memberi efek yang kurang baik bagi bayi baru lahir. Sehingga bunda harus lebih hati-hati untuk menyikapi hal-hal tersebut. Lalu apa saja hal yang terlihat sepele namun bisa membahayakan bayi yang baru lahir? Mari kita simak penjelasan lebih rincinya di bawah ini.

Inilah Hal Sepele yang Justru Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir

Apa Saja Hal Sepele yang Justru Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir?



Baca juga: Inilah Cara Menyusui Yang Benar Pada Bayi, Kenali Agar Tidak Salah!

Beberapa Hal Sepele yang Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir

Inilah beberapa yang kadang disepelekan namun ternyata memiliki efek tidak baik untuk bayi yang baru lahir, apa sajakah itu? Berikut penjelasannya …

  1. Merubah Kondisi Lingkungan Sekitar Di Dalam Rumah

Hal yang satu ini pasti sering kali terjadi, bahkan tanpa adanya rencana sekalipun sebelumnya. Sudah menjadi kebiasaan semua orang ketika ada bayi yang baru lahir pasti kondisi lingkungan sekitar rumah akan mulai berubah. Padahal bayi yang baru lahir tidak menginginkan hal apapun untuk menyambut kehadirannya. Jika sebelum bayi bunda lahir suasana rumah yang biasanya ramai, bising, banyak suara gaduh di sana sini, pasti akan berubah menjadi lebih sepi dan sunyi, hal ini bermaksud untuk memberikan kenyamanan pada si kecil.

Namun harus bunda tahu, jika bayi bunda butuh untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga tak perlu merubah kondisi lingkungan rumah terlalu drastis. Biarkanlah seperti biasanya saja, hal ini akan memberi dampak yang baik untuk bayi, agar bisa mendengar suara-suara di sekitarnya. Dan membuat bayi terbiasa dengan suasana yang sedikit ramai, sehingga saat ramaipun, bayi akan tetap dapat tertidur pulas dan tidak sebentar-sebentar terbangun karena kaget.

  1. Ciuman Dari Semua Orang

Hal pertama yang terlintas dalam benak bunda jika melihat bayi mungil nan lucu berada di hadapan bunda pastilah segera timbul keinginan untuk bisa memegangnya, menggendongnya dan menciumnya. Jika memang hanya bunda saja yang menciumnya itu tidak jadi masalah. Yang jadi masalah adalah ketika setiap orang yang melihat terus saja menciumnya. Tahukah bunda, bahwa bayi yang baru lahir masih memiliki sistem imun yang yang masih sangat lemah, sehingga sistem imun bayi belum mampu untuk menolak atau melawan bakteri, virus atau kuman yang masuk kedalam tubuhnya.

Baca juga:  Dampak Hipertensi Saat Hamil, Yuk Kenali Bahaya Darah Tinggi Untuk Ibu dan Janin!

Jika sampai orang yang mencium bayi bunda sedang dalam kondisi kurang sehat, atau dalam keadaan yang tidak steril maka bisa saja kuman, bakteri dan juga virus ini akhirnya menular ke bayi bunda.  Disaat umur bayi masih kurang dari satu minggu tentu akan sulit bagi dokter untuk melakukan pengobatan, jika benar bayi sampai tertular oleh bakteri atau virus. Untuk itu, lebih baik menghidandarkan bayi bunda dari khalayak ramai terlebih dahulu, jangan bawa bayi bunda pergi terlalu jauh dari rumah. Cukuplah terlebih dahulu hanya bunda saja yang bisa memeluk dan menciumnya, guna mengantisipasi hal-hal yang dapat membahayakan bayi bunda.

  1. Memakaikan Baju Secara Berlebihan

Banyak bunda yang terlalu khawatir dengan bayi mungilnya, sehingga apapun yang terbaik akan segera diberikannya. Namun sering terjadi kesalahan yang sepele namun berdampak kurang baik untuk sang bayi, misalnya terlalu memakaikan baju secara berlebihan pada bayi.

Mungkin ibu berpikir bahwa bayi membutuhkan kehangatan, sehingga selalu memakaikan pakaian yang tebal yang bertujuan untuk selalu menghangatkan tubuh bayi, namun tanpa melihat kondisi cuaca saat itu. Jika cuaca panas tak perlu berlebihan dalam mengenakan baju pada bayi, karena ditakutkan justru akan membuat suhu tubuh naik dan juga dehidrasi.

Baca juga: Cara Tepat Mengatasi Masalah Biang Keringat Pada Bayi

  1. Jarang Memeriksakan Bayi Ke Dokter

Terkadang memang sudah menjadi kebiasaan, saat sakit barulah berkunjung ke dokter. Namun jika bunda ingin memberikan segalanya yang terbaik untuk dede bayi, maka jangan tunda waktu untuk berkunjung ke dokter meskipun bayi bunda dalam keadaan sehat. Bayi baru lahir masih membutuhkan perhatian yang lebih khusus mengenai kondisi kesehatannya, mengingat pada usia tersebut, tubuhnya masih sangat rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Dengan bunda rutin membawa bayi ke dokter, maka bisa mengetahui perkembangan sang bayi, dan bisa memantau kondisi kesehatannya, dan jika sampai bayi kedapatan mengalami gangguan, dokter bisa lebih cepat memberitahukan hal tersebut pada bunda.

  1. Memberikan Dot Terlalu Dini

Bayi baru lahir mempunyai naluri yang sangat kuat untuk menghisap, untuk itu banyak para orang tua yang menyiasati hal ini dengan cara memberinya dot. Jika bunda berpikir dot dapat membantu bayi menyalurkan kebiasaan menghisapnya, itu adalah kesalahan besar, karena dot tersebut justru bisa mengganggu jadwal menyusui. Biarkan bayi menyusu bunda, biarkan bayi merasakan detak jantung, dan aroma tubuh bunda karena hal itu mampu membuat bayi lebih merasa nyaman.

Nah itulah beberapa hal yang mungkin terlihat sepele namun efeknya dapat berakibat kurang baik bagi bayi baru lahir. Semoga dapat membantu memberi pengetahuan pada bunda ya, agar lebih bisa hati-hati lagi dalam merawat si kecil yang baru menikmati indahnya dunia ini.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

Apakah baik bayi baru lahir disekitarnya ramai -kondisi rumah yg tidak baik bagi bayi baru lahir -

Inilah Hal Sepele Yang Justru Berdampak Kurang Baik Bagi Bayi Baru Lahir | Tips Kesehatan | 4.5