Dampak Hipertensi Saat Hamil, Yuk Kenali Bahaya Darah Tinggi Untuk Ibu dan Janin!

Dampak Hipertensi Saat Hamil – Hipertensi atau biasa kita kenal dengan sebutan tekanan darah tinggi atau penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang menakutkan serta membahayakan karena bagi orang yang sudah terserang penyakit ini biasanya nyawanya akan terancam. Salah satu bahaya hipertensi yang tidak terkontrol dengan baik adalah stroke yang dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian. Mengontrol tekanan darah dengan mengurangi asupan garam dan melakukan pola hidup sehat merupakan salah satu cara mengatasi hipertensi yang efektif.

Tentunya kita tahu bahwa hipertensi bisa menyerang siapa saja yang tidak merawat tubuhnya. Namun yang sangat rentan mendapat penyakit ini biasanya orang yang mudah stres dan mudah marah. Tetapi perlu anda ketahui juga bahwa orang hamil juga sangat rentan sekali untuk mendapatkan penyakit ini, alasannya karena pada masa kehamilan terjadi perubahan yang membuat kondisi tubuh menjadi tidak setabil. Oleh karena itu, wanita hamil mudah sekali untuk terserang penyakit hipertensi.

Walaupun demikian, jenis penyakit hipertensi yang ada pada ibu hamil sangat berbeda dengan penyakit hipertensi pada orang biasa. Ketika hipertensi pada orang biasa akan menunjukan gejala seperti pusing dan juga lainya, namun ketika anda terserang hipertensi saat hamil maka anda tidak akan menujukkan gejala apapun maka dari itu banyak ibu hamil yang tidak mengetahuinya. Sebelum kita mengenal dampak hipertensi ketika hamil di sini saya juga akan mengenalkan kepada anda tentang beberapa jenis hipertensi.

Dampak Hipertensi Saat Hamil

Dampak Hipertensi Saat Hamil

Baca juga: Ciri Ciri Anemia Pada Ibu Hamil

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Tekanan Darah Tinggi Saat Kehamilan

Berikut ini beberapa jenis hipertensi yang dapat menyerang ibu hamil, yaitu:

  • Hipertensi gestasional adalah hipertensi yang ada pada ibu hamil dimana penyakit hipertensi ini merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh ibu hamil ketika usia kandungan mereka memasuki usia ke 20. Jenis hipertensi ini bisa kita kenali ketika kita sedang memeriksakan tes urine dan adapula tanda – tanda lainya yang akan merusak organ tubuh.
  • Hipertensi kronis, sedangkan hipertensi jenis ini akan terjadi sebelum usia kandungan kita memasuki usia ke 20. Namun yang lebih bahaya dari jenis darah tinggi ini yaitu tidak menujukannya tentang adanya suatu gejala apapun.
  • Hipertensi kronis dengan preklamsia, jenis hipetensi ini adalah salah satu jenis yang terjadi sebelum anda hamil namun akan menjadi lebih parah ketika anda sudah mulai mengandung.
Baca juga:  Gejala, Jenis, dan Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Setelah kita mengenal tentang beberapa hipertensi pada ibu hamil maka untuk langkah selajutnya kita bahas tentang dampak hipertensi saat hamil.

Baca juga: Nyeri Dikemaluan Saat Hamil Tua

Apa Saja Dampak Hipertensi Saat Hamil?

Berikut ini adalah beberapa risiko bahaya tekanan darah tinggi pada masa kehamilan, yaitu:

  1. Janin kekurangan nutrisi, merupakan dampak hipertensi saat hamil yang pertama. Ketika terjadi hipertensi ketika hamil maka terjadilah menurunnya aliran darah yang menuju plasenta. Ketika aliran darah yang menuju ke plasenta mulai sedikit biasanya maka janin akan sangat sulit untuk mendapatkan oksigen dan juga nutrisi yang di butuhkannya.
  2. Abrupsio plasenta, merupakan bahaya darah tinggi pada ibu hamil, yaitu terjadi pemisahan plasenta yang ada di dalam rahim sebelum proses persalinan. Sehingga banyak sekali orang yang sering terserang pendarahan.
  3. Kelahiran prematur, merupakan dampak buruk tekanan darah tinggi saat kehamilan berikutnya. Jadi selain mendapat ganguan pada ibu hamil, hipertensi juga akan berdampak kepada proses persalinan yang hampir 50 % terlahir secara premature. Dan juga dampak – dampak lainya seperti penyakit kardiovaskular pada bayi.

Demikian beberapa dampak yang harus di waspadai ketika hipertensi menyerang anda pada saat hamil. Semoga dengan sedikitnya bocoran di atas bisa membuat anda menjadi lebih belajar dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Selalu memeriksakan diri dan kandungan anda pada dokter secara teratur merupakan cara efektif mencegah semua dampak hipertensi saat hamil di atas.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

adakah dampak dari hipertensi ganas pada janin -

Dampak Hipertensi Saat Hamil, Yuk Kenali Bahaya Darah Tinggi Untuk Ibu dan Janin! | Tips Kesehatan | 4.5