Dampak Buruk Akibat Anak Kurang Kasih Sayang dari Orang Tuanya

Dampak Buruk Akibat Anak Kurang Kasih Sayang Dari Orang Tuanya – Anak terlahir kedunia ini, tidak lain adalah untuk disayangi, dikasihi, diberi perhatian terutama oleh kedua orang tuanya. Seperti apapun anak kita, bagaimanapun kondisinya sudah sepatutnya sebagai orang tua harus memberikan segala haknya sebagai anak.

Apapun yang terjadi pada anak adalah tanggung jawab orang tua yang harus tetap memberikan dukungan dan himbauan yang baik untuk masa depannya. Sebagai orang tua berkewajiban penuh atas semua kebutuhannya, baik fisiknya dan juga psikisnya. Kita sebagai orang tua wajib memberi makan makanan yang bergizi pada anak, memberikan dia sarana pendidikan dan yang paling penting adalah kasih sayang. Namun ketika anak kita sering memberi banyak kritikan, keluhan dan segala macamnya, tentu kita sebagai orang tua harus lebih peka lagi terhadapnya.

Jangan sampai anak kita hidup kekurangan kasih sayang dari orang tuanya, meskipun terkadang kita sebagai orang tua tidak selamanya serba ada untuk menuruti keinginan dan permintaan anak. Namun cobalah untuk menyembunyikan segala kekurangan kita pada anak, seandainyapun kita tidak sanggup memberikan perlengkapan yang serba mewah, namun jika kita sebagai orang tua tetap menunjukan kasih sayang dalam bentuk yang lain tentu anak akan merasakannya. Anak yang hidup dalam lingkungan kurang kasih sayang biasanya akan menunjukan hal-hal  yang buruk kepada kita sebagai orang tua, dan apa saja dampak buruk bagi anak akibat kurangnya kasih sayang dari orang tua? Ikuti informasinya di bawah ini.

Dampak Buruk Akibat Anak Kurang Kasih Sayang Dari Orang Tuanya

Dampak Buruk Akibat Anak Kurang Kasih Sayang Dari Orang Tuanya



Baca juga: 5 Hal Penting yang Perlu Diketahui Orang Tua Tentang Gangguan Albino Pada Anak

Bahaya Bagi Anak Kurang Kasih Sayang Dari Orang Tuanya

Berikut ini adalah akibat anak kurang kasih sayang dari orang tua maupun orang terdekatnya …

  1. Kerap Melakukan Tindak Kekerasan

Anak-anak belum begitu memahami hal yang baik dan hal yang tidak baik, maka dari itu pentingnya peranan orang tua pada anak salah satunya adalah memberi pemahaman dan pengarahan kepada anak untuk melakukan hal-hal yang positif. Namun jika anak hidup dalam lingkungan yang kurang mendapatkan kasih sayang atau pengarahan karena kedua orang tuanya sibuk dengan kepentingan masing-masing. Maka anak akan melakukan hal-hal yang ada dipikirannya, seperti sering membuat masalah baik dirumah atau disekolahnya, melakukan tindak kekerasan terhadap temannya dan lain sebagainya. Anak berharap jika dia melakukan hal-hal tersebut akan ada banyak orang yang memperdulikannya, terutama orang tuanya.

  1. Membenci Kedua Orang Tuanya

Hidup tanpa kasih sayang akan membuat anak menjadi pribadi yang pembenci, bahkan hal itupun berlaku kepada kedua orang tuanya sekalipun. Anak akan benci melihat temannya selalu disayangi oleh orang tuanya, diapun akan benci melihat sesuatu yang berbau perhatian, ungkapan-ungkapan kasih sayang dan bahkan kepada hewanpun dia akan menaruh rasa benci tersebut. Orang tua yang selalu jauh darinya membuat dia kurang akan kasih dan sayang, orang tua yang jarang memperhatikannya membuatnya tidak tahu akan ungkapan kasih sayang dan orang tua yang selalu mengacuhkannya akan membuat dia mengacuhkan segala bentuk rasa peduli yang dia terima. Dan janganlah menyalahkan anak jika dia akhirnya membenci kita dan semua orang terdekatnya.

  1. Menjadi Pribadi yang Acuh dan Tidak Peduli

Secara tidak langsung orang tua yang kurang memberikan kasih sayang pada anaknya, sama saja sedang memberi pelajaran padanya. Sehingga jangan salahkan anak jika dia tumbuh menjadi pribadi yang acuh dan tidak dapat memberikan bentuk kasih sayang pada siapapun, karena dalam hidupnya diapun tidak pernah merasakan bagaimana di sayangi, bagaimana rasanya diperhatikan. Hal ini akan terus berlanjut sampai dia dewasa dan akhirnya memiliki sikap yang angkuh, tidak mau berbagi, tidak pandai bersosialisasi dan yang pasti diapun akan sama acuhnya kepada kita selaku orang tuanya sama seperti kita yang dulu sering mengacuhkannya.

  1. Memiliki Rasa Percaya Diri yang Rendah

Siapa yang bisa mengajari anak untuk bisa memiliki rasa percaya diri kalau bukan orang tuanya. Namun ketika seorang anak tidak bisa mendapatkan perhatian dari kedua orangtuanya, tentu dia tidak bisa mempelajari apa itu kepercayaan diri. Anak justru akan menjadi pribadi yang tertutup, yang sulit membuka diri, susah bergaul dan selalu menyimpan rasa ketidaknyamanan dalam benaknya sendiri. Anak-anak sejatinya memiliki ketakutan yang luar biasa pada orang tuanya, sehingga jika orang tua acuh terhadapnya anak akan semakin menjauh dari orang tuanya. Hal ini akan berdampak buruk untuk masa depannya kelak, bisa saja anak kita menjadi sosok yang acuh pada lingkungan sekitarnya.

  1. Hidup Dalam Ketakutan dan Kecemasan

Kasih sayang akan membuat anak merasa diperhatikan, merasa berarti sehingga secara tidak sengaja menumbuhkan rasa yang kuat untuk bisa menjadi pribadi yang pemberani. Berani berkomentar ini itu, berani mengungkapkan kekesalan akan sesuatu, karena anak tahu orang tuanya pasti akan menaggapinya. Lain halnya dengan anak yang kurang kasih sayang dari kedua orang tuanya, dia akan tumbuh menjadi anak yang penakut, dan pendiam. Enggan berkomentar karena yang ada dalam pikirannya hanya ketakutan dan rasa cemas yang berlebihan. Anakpun akan berpikir seandainya dia mengungkapkan perasaannya, maka orang tuanyapun tidak akan memperdulikannya. Bahkan saat dia berada dalam lingkungan yang penuh kasih sayang, diapun justru merasa asing dan semakin cemas dalam menaggapi orang-orang yang berusaha perduli padanya.

  1. Merasa Dirinya Tidak Penting

Saat anak mencoba untuk meminta perhatian anda sebagai orang tua, namun karena berbagai urusan yang membuat anda tidak bisa  memberikan hal tersebut pada anak. Maka dari situlah anak mulai merasa bahwa dirinya itu tidak berarti di mata orang tuanya. Anak tidak hanya membutuhkan banyak mainan, banyak kesenangan dan lain sebagainya, yang terkadang sengaja di berikan orang tua secara berlebihan sebagai pengganti ketidakhadirannya di dalam hari-harinya. Yang dimaksudkan mampu memberikan kesenangan pada anak, namun tahukah kita, bahwa anak kita membutuhkan segala bentuk kasih sayang yang nyata dari kita sebagai orang tua. Dia membutuhkan tangan yang bisa mengusap rambutnya, dia juga membutuhkan tubuh yang bisa memeluknya dengan hangat.

Ingatlah, kita sebagai orang tua adalah pendidikan yang pertama bagi anak kita, kita sebagai orang tua adalah sekolah yang pertama memberikan ilmu dan pengetahuannya. Sehingga cobalah untuk memberikan kasih sayang dengan sepenuh hati, walaupun sesibuk apapun kita, namun anak tetap menjadi prioritas yang utama dalam hidup kita.

Nah itulah beberapa bahaya anak kurang kasih sayang dari orang tuanya. Semoga dengan informasi di atas dapat membantu Anda untuk lebih memperhatikan dan menyayangi anak-anak baik anak kandung maupun anak-anak lainnya. Semoga bermanfaat …

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

psikologi anak kurang kasih sayang -akibat anak kurang kasih sayang -kurang kasih sayang -anak kurang kasih sayang -akibat kurang kasih sayang -kurang kasih sayang orang tua -akibat anak kurang perhatian -anak yang kurang kasih sayang orang tua -anak yang kurang kasih sayang dari orang tua -orang tua sibuk anak kurang perhatian -

Dampak Buruk Akibat Anak Kurang Kasih Sayang dari Orang Tuanya | Tips Kesehatan | 4.5