Ciri-Ciri Kanker Getah Bening Yang Perlu Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening – Limfoma atau kanker kelenjar getah bening merupakan penyakit kanker yang terjadi pada kelenjar limfa / kelenjar getah bening. Salah satu cara mengetahui seseorang menderita penyakit ini adalah dengan mengenali gejalanya. Semakin dini penderita memeriksakan diri dan mendapatkan penanganan maka semakin besar kemungkinannya untuk dapat pulih kembali.

Pada artikel yang akan diulas oleh TipsKesehatan123.com ini akan mengulas ciri-ciri kanker getah bening secara detail, silahkan gunakan klik subjudul di bawah ini untuk membawa Anda langsung ke penjelasannya …

Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Setidaknya terdapat 60 jenis limfoma / kanker getah bening, namun secara umum dikategorikan menjadi 2 saja yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Jenis-jenis limfoma tsb akan memberikan gejala yang berbeda tergantung dari tipe dan di bagian tubuh mana kanker tsb berkembang.

Kebanyakan dari gejala kanker getah bening adalah mirip dengan penyakit lainnya. Itu artinya dokter akan kesulitan dalam mendiagnosa penyakit limfoma ini dibandingkan penyakit kanker lainnya.

Dari segi tempat munculnya gejala tsb, ciri-ciri kanker getah bening dibedakan menjadi gejala lokal yang artinya gejala hanya muncul di salah satu tempat saja dan gejala sistemik yang artinya gejala dapat muncul di seluruh tubuh. Namun pada kebanyakan kasus, gejala limfoma yang muncul hanya bersifat lokal saja.

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang dirasakan oleh seseorang dapat pula berbeda dari orang lain. Sebagai contoh, misalnya Anda mendapati banyak gejala yang muncul sementara orang lain mungkin tidak merasakan gejala sama sekali. Walaupun demikian mengenali gejala yang muncul tetaplah penting sebagai “alert” atau peringatan agar Anda terus mawas diri.

ciri-ciri kanker getah bening

Memeriksa Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening (asiancancer.com)



Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kanker getah bening yang umum terjadi:

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Fungsi utama kelenjar getah bening adalah melawan serangan infeksi. Penyebab utama pembengkakan kelenjar getah bening adalah infeksi, penyakit yang menyerang sistem imun (seperti rematoid artritis), dan konsumsi obat-obat tertentu (seperti antibiotik). Namun pembengkakan kelenjar limfa pun dapat menjadi ciri-ciri kanker getah bening. Munculnya benjolan atau pembengkakan pada kelenjar limfa atau dikenal sebagai limfadenopati dalam istilah medis. Pembengkakan ini biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri dan biasanya muncul di leher, ketiak, atau selangkangan. Namun tak semua jenis limfoma memberikan gejala benjolan yang jelas.

Limfadenopati ini dapat saja terjadi pada salah satu area saja namun dapat pula menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Berikut ini adalah karakteristik pembengkakan kelenjar limfa pada penderita kanker getah bening, yaitu:

  • Biasanya bulat dan bergerak-gerak, jika Anda menekan benjolan tsb maka benjolan tsb dapat berpindah tempat.
  • Biasanya tidak nyeri namun kadang-kadang dapat terasa sakit.
  • Kadang-kadang menimbulkan nyeri di area sekitarnya.
  • Bila disentuh akan terasa seperti karet.
  • Dapat menjadi nyeri setelah minum alkohol dan merupakan ciri-ciri kanker getah bening Hodgkin.

Pada kasus limfoma Hodgkin stadium awal, benjolan tsb dapat saja muncul lalu hilang atau mengecil tergantung dari aktivitas penyakit tsb dari waktu ke waktu.

Mudah sekali merasakan adanya benjolan tsb di leher, ketiak, ataupun selangkangan, namun sulit sekali mengetahui pembengkakan kelenjar tsb bila terjadi di perut, dada, dan area lainnya. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan scan.

Memiliki pembengkakan kelenjar getah bening tidak berarti seseorang mengalami limfoma namun bila Anda mengalami ciri-ciri kanker getah bening tsb dan benjolan tsb tidak hilang dalam beberapa minggu atau benjolan semakin besar maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Kelelahan

Ciri-ciri kanker getah bening berikutnya adalah merasa kelelahan. Namun yang dimaksud kelelahan disini adalah rasa lelah yang muncul walaupun aktivitas fisik yang Anda lakukan hanya sedikit saja, kelelahan yang tak biasa.

Kelelahan dapat menjadi ciri-ciri kanker kelenjar getah bening, walapun sebab pastinya masih belum diketahui secara pasti.

Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan secara drastis bukan karena program penurunan berat badan seperti diet maupun olahraga patut dicurigai sebagai ciri-ciri kanker kelenjar getah bening. Para ahli menyarankan bila penurunan berat badan Anda lebih dari 5% dalam sebulan atau lebih dari 10% dalam 6 bulan maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Demam

Demam (pireksia) dapat terjadi bila suhu tubuh lebih tinggi dibandingkan suhu normal. Demam merupakan ciri-ciri kanker getah bening dimana penderita dapat mengalami demam ringan dengan suhu >37 derajat C pada orang dewasa. Demam ini biasanya datang dan pergi begitu saja.

Berkeringat di Malam Hari

Limfoma dapat menyebabkan seseorang berkeringat di malam hari sehingga pakaian dan sprei yang digunakan untuk tidur menjadi basah. Berkeringat basah ini dapat pula terjadi di siang hari dan patut dicurigai sebagai ciri-ciri kanker getah bening.

Berkeringat di malam hari belum tentu artinya Anda memiliki limfoma karena ada kondisi tubuh lainnya yang menyebabkan berkeringat di malam hari seperti karena demam oleh karena itu dokter perlu melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan ciri-ciri kanker getah bening tsb atau karena kondisi kesehatan lainnya.

Baca juga:  Cara Tepat Mengatasi Masalah Biang Keringat Pada Bayi

Gatal-Gatal

Gatal-gatal (pruritus) tanpa ada ruam / bercak merah dapat menjadi gejala kanker getah bening. Rasa gatal tsb dapat sangat mengganggu terutama saat cuaca panas dan memburuk saat akan tidur. Gatal-gatal merupakan ciri-ciri kanker getah bening Hodgkin yang umum terjadi. Sementara pada kanker limfoma non-Hodgkin jarang terjadi.

Rasa gatal yang terjadi dapat Anda rasakan hanya di tangan dan di kaki saja, atau di paha, atau di seluruh bagian tubuh.

Itulah bebrapa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening secara umum. Namun mungkin Anda juga pernah mendengar istilah “Gejala B” terutama saat penentuan stadium kanker. Apa itu gejala B?

Gejala B dalam kanker getah bening meliputi penurunan berat badan, berkeringat, dan demam. Sebagai contoh jika seseorang didiagnosa dengan limfoma Hodgkin stadium IVB (4B) itu artinya orang tsb memiliki limfoma stadum 4 dan mengalami ciri-ciri kanker getah bening gejala B tsb. Jika stadium IVA maka orang tsb tidak mengalami gejala kanker getah bening seperti yang disebutkan pada gejala B. Gejala B ini biasanya terjadi berbarengan dan menunjukkan penyakit kanker getah bening yang dialami lebih aktif.

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening (diedit dari lymphomas.org.uk)

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening “Lokal”

Gejalan kanker getah bening yang bersifat lokal dan umum terjadi adalah pembengkakan kelenjar getah bening.

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening lainnya yang bersifat lokal adalah:

  • Gejala yang muncul pada area dada, seperti batuk dan kesulitan bernapas. Gejala tsb dapat menjadi ciri-ciri kanker getah bening walaupun gejala tsb dapat pula merupakan tanda-tanda penyakit paru-paru. Pada kasus limfoma, gejala tsb muncul karena pembengkakan kelenjar limfa di dada yang menekan paru-paru sehingga jalur pernapasan dan pembuluh darah terhimpit. Akibatnya udara akan sulit masuk paru-paru, terjadi penumpukan cairan yang menyebabkan sesak napas dan batuk-batuk.
  • Gejala yang muncul di area perut seperti rasa nyeri dan pendarahan di lambung bila limfoma terjadi di lambung, atau sakit perut, diare, atau konstipasi bila limfoma terjadi di usus. Ciri-ciri kanker getah bening lainnya adalah Anda juga akan merasa cepat begah walaupun baru makan sedikit atau Anda merasa ada tekanan di perut dan panggul. Pembengkakan perut dapat saja terjadi terutama bila hati dan empedu ikut membengkak atau ada cairan yang tertumpuk di perut.
  • Rasa nyeri. Walaupun benjolan kelenjar limfa biasanya tidak terasa sakit namun benjolan ini dapat menekan jaringan lainnya di sekitar kelenjar dan menyebabkan rasa nyeri. Nyeri punggung dan perut merupakan ciri-ciri kanker getah bening yang muncul bila limfoma terjadi di perut terutama pada kasus limfoma non-Hodgkin. Pada kasus limfoma tulang maka dapat menyebabkan rasa nyeri pada tulang yang bersangkutan.
  • Gejala pada kulit. Berikut ini adalah ciri-ciri kanker getah bening pada kasus limfoma kulit yaitu adanya bercak merah datar di kulit, kulit bersisik, dan benjolan pada kulit. Tanda-tanda tsb sebetulnya mirip dengan gejala penyakit eksem atau psoriasis.
  • Gejala pada otak dan sistem saraf. Limfoma yang tejadi mulai dari otak ataupun sistem saraf sangat jarang terjadi. Namun bila terjadi, berikut ini adalah ciri-ciri kanker getah bening di otak dan saraf yaitu sakit kepala, kejang, masalah daya ingat, pusing, gangguan penglihatan, mati rasa, kesemutan, dan rasa lemas di tungkai.

Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening “Sistemik”

Gejala kanker limfoma ini dapat terjadi di seluruh tubuh, meliputi:

  • Demam
  • Berkeringat malam
  • Penurunan berat badan
  • Gatal-gatal
  • Kelelahan
  • Kesulitan dalam melawan infeksi karena sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi terkena limfoma.

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening Kambuhan

Setiap gejala kanker getah bening yang muncul setelah melakukan terapi pengobatan patut dicurigai sebagai penyakit kanker getah bening yang kambuh kembali.

Bila limfoma muncul kembali setelah terapi pengobatan maka akan muncul beberapa gejala sbb:

  • Gejala yang pernah dialami sebelumnya atau gejala baru
  • Benjolan dapat terjadi di lokasi sebelumnya atau lokasi baru
  • Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang umum (seperti demam, berkeringat, ataupun gatal-gatal) dapat kambuh kembali atau muncul yang pertama kali

Jika Anda mendapati gejala limfoma seperti sebelumnya atau gejala lainnya yang tak kunjung hilang segeralah periksakan diri ke dokter.

Baca juga: Terapi Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa ciri-ciri kanker getah bening yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan tetap waspada. Jangan lupa bagikan artikel ini pada orang-orang yang Anda sayangi agar semakin banyak orang yang mengetahui dan mengerti ciri-ciri kanker kelenjar getah bening.

Sumber Referensi:
www.lymphomas.org.uk/about-lymphoma/what-lymphoma/symptoms-lymphoma-overview/symptoms-lymphoma-detail (diakses 09.10.2016)

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

https://tipskesehatan123 com/ciri-ciri-kanker-getah-bening html/ -ciri ciri benjolan getah bening -ciri ciri kanker getah bening muncul kembali -ciri benjolan limfoma -benjolan hodgkin -yang di rasakan kelenjar getah bening -pembengkakan kelenjar getah bening memerah dan gatal -bahayakah biang keringat membengkaknya kelenjar getah bening -apakah batuk terus bisa terkena kaanker getsh bening -ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 -

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening Yang Perlu Diketahui | Tips Kesehatan | 4.5