Ketahuilah Ciri-Ciri Anak Manja dan Cara Menghadapinya!

Ciri-Ciri Anak Manja dan Cara Mengatasinya – Kebahagiaan pasangan suami istri akan semakin lengkap dengan hadirnya sang buah hati di tengah-tengahnya. Seorang anak merupakan harapan bagi kedua orang tuanya, karena itulah orang tua akan bekerja keras untuk bisa memberikan segala yang terbaik untuk anaknya. Orang tua selalu berharap kelak anaknya bisa menjadi orang yang sukses, dan bisa membanggakan kedua orang tuanya. Memang tidak salah bila Anda selalu memberikan apa yang terbaik untuk anaknya, dan berusaha untuk menuruti segala permintaannya. Namun orang tua juga harus paham akan batasannya dalam memanjakan anak, agar anak nantinya bisa menjadi pribadi yang mandiri, tidak selalu tergantung pada orang tuanya dan orang lain, dan menjadi pribadi yang mau bekerja keras dan tidak mudah putus asa.

Anak-anak yang terlalu dimanja, segalanya serba diturutin akan terbiasa hidup dalam kesenangan, sehingga anak akan merasa kaget jika ia mendapat kesulitan. Untuk itu jangan berlebihan dalam memanjakan anak, karena pribadi anak yang baik tercipta karena didikan dari orang tuanya. Untuk itu, sebagai orang tua kita harus wajib tahu bagaimanakah tanda-tanda atau ciri-ciri anak manja dan cara menghadapainya. Agar kita bisa tahu apakah cara mendidik kita sudah benar atau kelewat manja, dan inilah penjelasan lebih lengkapnya.

Ciri-Ciri Anak Manja dan Cara Mencegah Anak Manja

Ciri-Ciri Anak Manja dan Cara Mencegah Anak Manja



Baca juga: Kesalahan Orang Tua Yang Tidak Disadari Dapat Berakibat Buruk Bagi Anak

Inilah Ciri-Ciri Anak Manja dan Cara Menghadapinya

Berikut ini adalah tanda-tanda anak manja yang harus diwaspadai dan beberapa tips untuk mengatasi anak manja agar bisa hidup lebih mandiri ..

  1. Tidak Mau di Hukum Ketika Berbuat Kesalahan

Ciri-ciri anak manja yang pertama adalah tidak mau mengakui kesalahannya. Saat anak sudah terbiasa dengan kehidupan yang serba ada, dengan segala kenyamanan, dan selalu dinomor satukan oleh orang tua, pastilah akan membuat anak menjadi pribadi yang angkuh, tidak mau mengalah apalagi berani mengakui kesalahannya. Saat dia harus berhadapan dengan orang lain atau teman sebayanya, dia akan bertindak semaunya sendiri, tidak mau berbagi dan mudah sekali untuk menyakiti orang-orang disekitarnya termasuk teman-temannya. Saat orang tua menyuruhnya meminta maaf atas kesalahan yang dia perbuat, dia justru akan marah dan enggan untuk meminta maaf. Dan saat orang tua mencoba menghukumnya, dia akan bertambah marah dan bisa sampai mengamuk, karena merasa di rendahkan.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk selalu menanamkan sifat pemaaf, tidak selalu membela, dan mengkondisikan anak agar bisa memiliki rasa berbagi yang tinggi, dan penyayang kepada siapa saja. Berikan hukuman ketika anak salah, dan latihlah anak agar belajar dari setiap kesalahannya. Dan ini merupakan salah satu cara mengatasi anak manja agar tidak berkelanjutan.

  1. Anak Suka Berteriak dan Menangis Ketika Minta Sesuatu

Ciri-ciri Anak yang manja berikutnya biasanya sudah terbiasa mendapatkan apa yang dia inginkan, tanpa perlu bersusah payah dan kerja keras untuk bisa memperolehnya. Untuk itu saat dia meminta sesuatu dan orang tua tidak memberikannya, pastilah dia akan berteriak dan menangis, sampai sesuatu yang dia ingini di dapatkannya. Jika hal seperti ini terus dibiarkan tentu akan berakibat buruk untuk mental si anak. Anak menjadi pemalas, egois dan acuh terhadap lingkungan sekitarnya. Anak juga akan terbiasa selalu mengandalkan orang lain untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Untuk mengatasi sifat anak yang seperti ini, kita sebagai orang tua harus belajar sedikit demi sedikit merubah sifatnya dengan cara tidak selalu memberi apa yang dia inginkan. Inilah merupakan tips menghadapi anak manja, sebagai orang tua pun kita harus sabar.

Baca juga:  Jenis Latihan Menjelang Persalinan Agar Lancar, Normal, dan Sehat

Berilah penjelasan kepadanya, bahwa jika dia ingin mendapatkan sesuatu harus berusaha terlebih dahulu, misalnya jika ingin bisa membeli boneka harus rajin menyimpan uang jajan sedikit demi sedikit. Sehingga anak akan belajar bersusah payah dalam menggapai keinginannya, sehingga dia akan menghargai hasil kerja kerasnya.

Baca juga: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Yang Mudah Marah dan Menangis

  1. Selalu Mencari Perhatian

Selanjutnya ciri-ciri anak manja adalah selalu mencari perhatian dari kedua orang tuanya dan orang-orang yang berada disekitarnya. Biasanya karena terlalu sering dimanja anak akan terbiasa bergantung pada orang tua, atau orang lain. Anak enggan untuk melakukan apa-apa sendiri, sehingga saat tak ada orang yang memperhatikannya, pasti dia akan berusaha membuat kenakalan dengan maksud mencari perhatian. Agar anak tidak selalu bergantung pada orang lain, maka sekali-kali membiarkan anak berusaha untuk menyelesaikan sesuatu sendiri.

Jangan berusaha untuk membantunya sebelum anak benar-benar mengalami kesulitan. Jika anak terbiasa hidup mandiri dan melakukan apa-apa sendiri, tentu akan melatih kemandiriannya. Tidak selalu bergantung pada orang lain dan tidak lagi senang mencari perhatian.

  1. Tidur Tidak Tepat Waktu

Orang tua yang terlalu memanjakan anak secara berlebihan pasti akan menuruti semua keinginan anak. Tak heran jika anak akan memiliki banyak permintaan pada orang tuanya. Terkadang sarana bermain yang berlebihan dapat membuat anak lupa akan waktu untuk beristirahat, padahal keesokan harinya harus berangkat ke sekolah. Saat anak sedang sibuk dengan segala mainannya pasti dia akan menolak jika disuruh tidur tepat waktu. Tentunya hal ini akan berakibat buruk, karena tidur terlalu malam akan membuat anak kehilangan waktu untuk beristirahat.

Selain itu, anak juga bisa tertidur di sekolahan saat jam pelajaran. Orang tua tentu tidak ingin hal itu terjadi pada anak bukan? Untuk itu jadilah orang tua yang selalu menanamkan kedisiplinan pada anaknya. Jika sampai anak melalaikannya, berikanlah anak sanksi dengan tidak lagi membelikan mainan ataupun apapun keinginannya. Dengan begitu anak pasti akan berlatih  untuk berdisiplin dengan banyak hal.

Demikian beberapa ciri-ciri anak manja dan cara mengatasinya. Sebagai orang tua memang harus bisa memberikan kasih sayang dan perhatian, akan tetapi bukan berarti harus memanjakannya secara berlebihan.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

anak laki laki manja -ciri-ciri anak man -ciri-ciri anak manja -

Ketahuilah Ciri-Ciri Anak Manja dan Cara Menghadapinya! | Tips Kesehatan | 4.5