Inilah Cara Menyusui Yang Benar Pada Bayi, Kenali Agar Tidak Salah!

Cara Menyusui Bayi Yang Benar – ASI memiliki andil yang cukup penting bagi tumbuh kembang bayi. Tak ayal, jika mayoritas wanita ingin menyajikan air susu eksklusif kepada buah hati mereka. Bermacam cara pun dilakukan agar ibu dapat menghasilkan air susu yang berkualitas. ASI diketahui menyuplai 400 nutrisi sempurna untuk mendorong perkembangan bayi.

Manfaat memberikan ASI eksklusif dapat mencegah datangnya penyakit yang mengancam kesehatan bayi seperti infeksi telinga, radang paru-paru (pneumonia), radang pencernaan (gastroenteritis), sekaligus meningkatkan kecerdasan si buah hati.

Menggali informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan cara menyusui yang benar pada bayi baiknya dicanangkan sejak dini. Dengan begini artinya ibu dapat meminimalisir kesalahan akibat penerapan metode yang keliru. Dimana kemungkinan besar akan berimbas pada nyeri bagian punggung dan sekitarnya. Yuk kenali bagaimana cara memberikan ASI yang benar untuk buah hati yang akan diulas oleh TipsKesehatan123.com berikut ini ..

cara menyusui yang benar pada bayi



Baca juga: 3 Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui, No. 2 Mencengangkan!

Cara Menyusui Yang Benar Pada Bayi

Sebelum mengaplikasikan cara menyusui yang benar pada bayi, sebaiknya ibu mempersiapkan segala perlengkapan yang diperlukan. Untuk menghadirkan rasa nyaman pada bayi, ibu sangat dianjurkan menggunakan bra khusus menyusui yang di bagian depannya terdapat kait atau kancing yang dapat dibuka. Hal ini juga berfungsi menghindari tersumbatnya ASI serta peradangan payudara pada jaringan payudara.

Untuk mengantisipasi kebocoran air susu yang tumpah di bra, ibu dapat mengenakan bantalan payudara (breast pad) yang ditaruh pada depan bra. Adapun ibu yang sesekali berencana memerah asi, pilihlah produk pompa yang aman dipakai.

Selanjutnya, mari beralih ke metode yang tepat sebagai bagian dari cara menyusui yang benar pada bayi.

  1. Pastikan ibu dan buah hati berada pada posisi yang rileks atau santai. Kemudian posisikan kepala si kecil sedikit lebih tinggi dibanding dengan tubuhnya. Hal ini membantu bayi untuk menelan ASI dengan mudah. Ibu dapat menyangga dengan tangan ataupun mengganjalnya dengan bantal berukuran kecil. Lalu tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting. Secara otomatis bayi akan membuka mulutnya.
  2. Cara menyusui yang benar pada bayi selanjutnya yaitu mendekatkan payudara ibu saat mulut si kecil sudah menganga agak lebar dengan lidah yang dikeluarkan ke arah bawah. Kalau hal ini belum terjadi, ibu disarankan memberikan sentuhan lembut di sekitar bibir atas bayi.
  3. Tempatkan perlekatan terbaik untuk cara menyusui yang benar pada bayi. Pada perlekatan ini, mulut bayi akan mendekat ke payudara. Keadaan ini mewakili syarat cara menyusui yang benar pada bayi.
  4. Satu diantara sekian tanda bahwa bayi sudah menggigit puting ibu ialah ibu akan disuguhkan sedikit rasa nyeri dan bunyi pelan bayi yang menggerakan mulutnya saat meminum ASI.
  5. Jika ibu dilanda nyeri yang berlebihan, ulangi proses penempelan ini dengan cara memasukkan jari kelingking ke arah puting dan gusi. Coba lagi untuk menawarkan ASI pada bayi, biasanya mereka akan mengulang proses menyusu dengan langkah yang lebih baik.
  6. Waktu yang diperlukan bayi untuk memperoleh pasokan susu berkualitas dari sang ibu sekitar 5 hingga 40 menit. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung pada kecukupan porsi masing-masing bayi. Tak menutup kemungkinan bila hal ini memakan jam yang agak lama karena dibutuhkan adaptasi antara ibu dan bayi.
Baca juga:  Yuk Kenali 8 Gejala Kehamilan Awal Berikut Ini

Beberapa tindakan yang tak boleh ibu lakukan ialah menggosok atau memelintir puting susu dengan tujuan ASI yang dikeluarkan semakin banyak. Hal ini justru berpotensi memicu resiko fatal bagi payudara. Memastikan tangan ibu bersih saat proses menyusui ini berlangsung juga patut diprioritaskan.

Baca juga: 6 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan

Imbangi cara menyusui yang benar pada bayi dengan teratur memenuhi asupan nutrisi yang berasal dari sayuran dan buah-buahan segar juga sumber protein hewani serta nabati. Jaga kondisi tubuh ibu agar tetap fit.

Nah itulah informasi seputar cara menyusui yang benar pada bayi. Sampai jumpa dan Semoga bermanfaat.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

cara menyusui suami yang benar -cara menyusui yang benar -cara menyusui suami -cara menyusui bayi yang benar -cara menyusui bayi yang baik dan benar -Cara menyusui bayi dengan payudara besar -cara menggunakan bantal menyusui -cara agar asi tidak tumpah saat tidak mengunakan bra -bermacam cara wanita menyusui suaminya -bagaimana cara agar kebocoran asi bisa tetap di konsumsi baayi -

Inilah Cara Menyusui Yang Benar Pada Bayi, Kenali Agar Tidak Salah! | Tips Kesehatan | 4.5