Cara Mengontrol Buang Air Kecil Ketika Hamil

Cara Mengatur Buang Air Kecil Saat Hamil – Buang air kecil memang salah satu kebiasaan bagi manusia baik wanita maupun pria. Namun masalahnya terkadang keiginan buang air kecil lebih sering muncul saat Anda hamil dan kaang ibu hamil suka merasa kesusahan untuk mengontrol kantung kemihnya. Maka dari itu bagi orang hamil sangat di sarankan untuk tidak berpergian jauh. Bukan di saat seperti itu saja tetapi ketika kita tertawa, bersin, serta batuk biasanya juga akan mudah ngompol. Oleh sebab itu banyak orang hamil yang merasa gelisah ketika mereka merasa ingin buang air kecil. Namun yang menjadi pertanyaan apakah hal tersebut merupakan hal yang normal bagi orang hamil?

Baca juga: Yuk Kenali 8 Gejala Kehamilan Awal Berikut Ini

Menurut para ahli medis, kesulitan mengontrol buang air kecil ketika hamil disebut juga dengan istilah inkontisesia yang artinya tidak dapat menahan hasrat untuk kencing dan hal ini sering kali di alami oleh wanita yang sedang hamil.

Penyebab sulitnya mengontrol buang air kecil ketika hamil dikarenakan saat hamil maka kantung kemih akan mendapat tekanan yang di sebabkan oleh janin yang menekan pada kantong kemih sehingga membuat urine yang tersimpan menjadi lebih sedikit dan akan terasa sulit sekali dalam menahan untuk pipis.

Namun menurut saya pribadi lebih baik anda jangan sampai menahan keinginan anada untuk membuang air kecil karena hal ini bisa menyebabkan penyakit lain dan mengganggu jalanya persalinan di kemudian hari. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengontrol buang air kecil selama kehamilan. Mari kita simak bersama – sama tips di bawah ini.

Bagaimana cara mengontrol buang air kecil ketika hamil?

Bagaimana cara mengontrol buang air kecil ketika hamil?



Baca juga: Tips Prosedur Kurangi Nyeri Pada Vagina Ketika Hamil Tua

Tips Mengontrol Buang Air Kecil Ketika Hamil

Berikut ini cara mengontrol keinginan rasa ingin kencing pada masa kehamilan, yaitu:

  1. Lakukan aktivitas fisik sesuai kondisi
Baca juga:  Perubahan Tubuh Menjelang Persalinan Yang Perlu Diketahui

Untuk setiap ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda – beda maka dari itu sebelum anda melakukan aktivitas fisik sebaiknya anda mengenal terlebih dulu kondisi fisik anda dengan cara berkonsultasikan kepada dokter kandungan anda. selain mengenali kondisi fisik. Anda juga harus mengetahui kondisi kandungan anda. dengan melakukan aktivitas fisik tentunya akan membuat berat tubuh anda menjadi lebih seimbang dan setabil.

  1. Lakukan latihan kegel

Selain melakukan aktivitas fisik anda juga bisa melakukan latihan kegel dimana latihan ini memang di anjurkan oleh ahli kesehatan. Latihan ini bukan hanya untuk mengontrol pembuangan air kecil saja tetapi juga menjaga kesehatan janin anda.

  1. Silangkan kaki anda

Ketika anda berada di luar sana dan merasa ingin sekali mengompol maka untuk trik yang satu ini bisa anda gunakan. Tetapi anda harus ingat bahwa cara ini cara yang hanya bisa di lakukan sekali. Ketika anda kesulitan mencari toilet tetapi anda sudah ingin sekali mengompol sebaiknya anda menyilangkan kaki anda. bisa di lakukan dalam keadaan berdiri maupun keadaan duduk. Selain menjadi tips yang ampuh cara ini juga memiliki kelemahan dimana cara ini tidak bisa digunakan secara terus menerus.

  1. Biasakan anda untuk meminum delapan gelas setiap harinya

Untuk anda yang belum bisa mengontrol buang air kecil sebaiknya anda membiasakan diri untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas perharinya. Meskipun kita meminum air sebanyak itu anda jangan kawatir bahwa anda akan mempercepat buang air kecil tetapi malah bisa mengontrol buang air kecil secara teratur.

Demikianlah beberapa tips khusus untuk mengontrol buang air kecil ketika sedang hamil semoga dengan trik dan tips diatas bisa membantu anda untuk mengontrol buang air kecil secara teratur.

Cara Mengontrol Buang Air Kecil Ketika Hamil | Tips Kesehatan | 4.5