Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami Ada banyak faktor yang menyebabkan panas dalam, salah satunya adalah kondisi cuaca. Di Negara kita ini memiliki iklim tropis dengan cuaca panas yang mendapatkan penyinaran maksimal dari matahari sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan salah satunya adalah panas dalam. Panas dalam bukanlah suatu jenis penyakit tetapi adalah respon tubuh yang mengalami gangguan dan sebagai pertanda bahwa akan adanya penyakit yang muncul.

Baca juga: Cara Efektif Mengatasi Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Panas dalam bisa menyerang siapa saja baik itu bayi maupun orang dewasa. Orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan biasanya akan lebih rentan terkena panas dalam. Selain faktor cuaca panas yang mendera, panas dalam juga bisa diakibatkan oleh faktor lain seperti adanya ketidakstabilan hormone dalam tubuh, daya tahan tubuh yang menurun, serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas serta berlemak. Panas dalam bisa diobati dengan cara mudah dibawah ini yang bisa anda coba.

Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami (image: entinstitute.com)



Baca juga: Cara Mengobati Ambeyen Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami

  1. Minum Air Kelapa Hijau Muda

Meminum air kelapa hijau muda dapat meredakan panas dalam karena air kelapa mengandung senyawa elektrolit yang tinggi. senyawa tersebut selain mampu meredakan panas dalam juga bisa mencegah dehidrasi dengan meningkatkan kadar ion dalam tubuh. Minumlah air kelapa segar yang dicampur dengan madu secara rutin, biasanya dalam 3 hari panas dalam akan hilang. Untuk menjaga tubuh dari sariawan setidaknya minum air kelapa satu kali dalam seminggu.

  1. Cuka Sari Apel
Baca juga:  Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Cuka apel memiliki tingkat kadar kekerasan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan cuka yang terbuat dari bahan lainnya. Cuka apel memiliki kandungan vitamin C dan juga antibacterial tinggi yang baik digunakan sebagai obat panas dalam yang baik. Campurkanlah 5 hingga 7 sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur selama 10 menit. Setelah itu kumurlah lagi dengan air hangat untuk membilasnya.

  1. Madu Dan Perasan Lemon

Kandungan nutrisi yang ada pada madu sangat baik untuk menjaga kesehatan. Selain itu kandungan nutrisi pada madu murni mampu mengatasi panas dalam. Campurkanlah 6 sendok makan madu murni dengan 3 sendok makan air perasan lemon dan minum dua kali sehari setiap hari hingga panas dalam hilang.

  1. Rambut Jagung Muda

Rambut jagung muda memang jarang digunakan dan berakhir menjadi limbah. Tetapi ternyata rambut jagung muda memiliki manfaat mengobati panas dalam. Selain panas dalam yang sembuh, rambut jagung muda juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan. Rebus segenggam rambut jagung muda dengan tiga gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. anda bisa menambahkan gula batu dan juga jahe. Minumlah secara rutin satu kali sehari hingga panas dalam sembuh.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam. Rebuslah dua genggam kacang hijau dengan tiga gelas air dan biarkan hingga tersisa satu gelas. Minumlah air rebusan tersebut satu kali sehari.

Itulah tadi cara mudah untuk mengatasi panas dalam secara alami. Bahan alami juga efektif untuk mengatasi panas dalam.

Cara Mengobati Panas Dalam Dengan Bahan Alami | Tips Kesehatan | 4.5