Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Yang Mudah Marah dan Menangis

Penyebab & Cara Mengatasi Anak yang Mudah Marah dan Menangis – Anak kecil memang memiliki karakter yang bermacam-macam, ada anak kecil yang pemberani baik didalam maupun luar rumah, ada yang hanya berani bertingkah di dalam rumah meskipun ada banyak orang dirumah, ada juga anak yang hanya berani berlagak didepan orang tuanya saja dan orang terdekatnya, dan ketika rumah dikunjungi banyak orang si kecil akan menjadi pribadi yang sangat pemalu.

Sebagai orang tua pasti sudah sangat memahami karakter dari si anak, oleh sebab itu, tak perlu heran jika suatu saat anak harus berada di suatu tempat dan berhadapan dengan banyak orang, dia akan menunjukan karakter tersembunyinya, dengan berbagai ungkapan seperti mudah marah dan menangis. Terkesan aneh memang bagi kita orang tua  jika melihat anak menangis dan marah hanya karena hal-hal yang sepele, namun itulah anak-anak, kita sebagai orang tuanya yang harus 100 persen memahaminya.

Lalu mengapa anak kecil sering mudah marah dan menangis ketika dibawa dalam suasana baru yang jarang sekali ia dapatkan, padahal kita selalu berada disisinya? Perasaan kesal kita sebagai orang tua pastilah ada, namun kita harus bisa mengerti penyebab dan bagaimana menghadapi karakter anak yang demikian. Ketahuilah beberapa hal yang dapat menyebabkan anak mudah menagis dan marah berikut ini.

Apa Saja Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Mudah Marah dan Menangis?

Apa Saja Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Mudah Marah dan Menangis?



Baca juga: Inilah 5 Metode Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Apa Saja Penyebab Anak Suka Marah dan Merengek?

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan buah hati gampang marah dan cengeng, yaitu:

  1. Terlalu Banyak Larangan

Anak-anak hanya tahu bentuk pengungkapan suka dengan tertawa, pengungkapan kesal dengan menangis dan marah. Sehingga sangat wajar jika ketika dia sedang asik melakukan sesuatu hal namun orang tuanya selalu melarangnya dengan berbagai alasan pastilah saat itu juga anak akan merasa kesal dan akhirnya marah serta menangis. Anak kecil memang tidak suka akan larangan ini dan itu, yang dia tahu dia sedang bermain dan enggan untuk diganggu.

  1. Anak Merasa Kesal

Watak anak kecil memang sulit sekali ditebak, namun kita sebagai orang tuanya paling tidak mengerti akan seberapa persen dari karakter si anak, sehingga kita dapat menebak apa yang mungkin akan anak reaksikan ketika dia harus berhadapan dengan sesuatu yang baru misalnya. Anak yang mudah menagis dan marah biasanya memiliki sifat yang cenderung pemalu, sehingga sebagai wujud pelampiasan ketika anak tidak mau berhadapan dengan suasana yang menurut dia tidak nyaman, pastilah akan merasa kesal dan akhirnya membuatnya marah dan menangis.Dengan si kecil melakukan hal demikian, dia berharap orang tuanya mau mengerti dan bisa segera membawanya ke tempat dimana dia bisa merasa aman dan nyaman.

  1. Suasana yang Tidak Membuatnya Nyaman

Anak kecil terutama saat berusia masih dibawah 6 tahun, memang biasanya akan susah untuk diarahkan dan diberi penjelasan. Jika dia merasa tidak nyaman pastilah akan menangis dan marah. Bagaimanapun kita memberi penjelasan, pengertian padanya, tidak akan pernah dia tanggapi, yang ada justru bertambah marah dan menjerit-jerit.

  1. Tempat yang Kurang Nyaman
Baca juga:  Cara Tepat Mengatasi Masalah Biang Keringat Pada Bayi

Saat kita berkunjung ke tempat saudara, teman atau ketempat lainnya yang memang bagi kita sendiri tempatnya kurang nyaman, panas dan bising pastilah anak akan merasa tidak betah dan ingin segera pulang. Kita sebagai orang tua harus memahami kondisi anak jika dia terus merengek dan marah-marah jika terus berada ditempat tersebut.

  1. Tidak Terbiasa Tanpa Orang Tua

Anak-anak yang setiap harinya hanya dekat dengan orang tuanya, pastilah dia akan menangis dan marah-marah ketika harus berjauhan dengan kita. Bahkan untuk ditinggal sebentar saja karena sesuatu hal mereka tidak bisa menerimanya. Sikecil pasti akan terus menangis dan marah, hal itu mereka lakukan agar kita akhirnya tidak jadi meninggalkannya.

  1. Dalam Kondisi yang Tidak Sehat

Meskipun anak kita terkenal pemberani dan bukan tipe pemalu, namun ketika kondisi tubuhnya sedang menurun atau sakit, pastlah dia akan mudah menangis dan rewel. Kondisi badan yang kurang fit, akan membuat anak merasa tidak nyaman, lesu dan biasanya dia merasa enggan untuk berhadapan dengan siapapun. Karena yang dia butuhkan hanyalah bagaimana bisa tiduran dan istirahat.

Baca juga: Dampak Buruk Akibat Anak Kurang Kasih Sayang dari Orang Tuanya

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Mudah Marah dan Menangis?

Saat kita dihadapkan dengan sifat anak yang suka marah dan cengeng, tidak bisa dengan cara yang kasar, karena justru hal itu akan membuat si kecil semakin menjadi-jadi. Untuk itu kita harus tahu bagaimana cara menanggapi sikap anak yang demikian.

Inilah beberapa cara mengatasi anak yang cengeng dan suka marah:

  • Jangan bersikap keras, seperti memarahinya dan membentaknya. Cari tahulah apa penyebab anak berlaku demikian, jika memang karena anak merasa tidak nyaman, maka cobalah beri dia hiburan atau membawanya ketempat yang jauh dari keramaian.
  • Pahamilah apa yang membuatnya menangis, karena anak sulit untuk mengungkapkan perasaannya lewat kata-kata. Sehingga cobalah untuk menunjukinya beberapa hal mungkin dia inginkan tetapi si kecil tidak bisa mengatakannya.
  • Jangan pernah meninggalkannya, jika memang kita tahu sifat anak kita, yang tidak bisa jauh-jauh dengan kita. Apalagi menitipkannya pada orang yang mungkin anak belum begitu mengenalnya, meskipun itu hanya untuk pergi ke kamar kecil yang jaraknya sangatlah dekat.
  • Jika anak sudah semakin dewasa, sebaiknya saat berlaku cengeng kita sebagai orang tua, harus sedikit mengabaikannya. Tak perlu memanjakannya lagi, karena ditakutkan anak akan terus seperti demikian jika kita terus meladeninya.

Itulah penyebab dan cara menangani anak yang mudah menangis dan marah. Semoga beberapa penyebab dan cara mengatasi anak yang mudah marah dan menangis di atas dapat memberi masukan dan pengetahuan ibu tentang bagaimana menyikapi sifat anak-anaknya.

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

cara mengatasi bayi di ganggu saudara ke empatnya -penyebab anak sebagai pelampiasan amarah -

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Yang Mudah Marah dan Menangis | Tips Kesehatan | 4.5