Gejala, Jenis, dan Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Jenis Anemia pada Ibu Hamil – Kehamilan memang salah satu suatu kejadian yang paling di nantikan oleh banyak orang, karena kehamilan belum tentu bisa terjadi oleh setiap wanita dan kehamilan merupakan sebuah anugrah yang telah di takdirkan oleh yang maha kuasa. Maka dari itu bagi anda yang belum bisa hamil saya harap untuk selalu bersabar, berdo’a kepada tuhan yang maha ESA serta jangan bernah berhenti untuk selalu berusaha. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tentang beberapa hal yang akan terjadi ketika anda hamil.

Biasanya orang yang baru hamil akan menemukan sebuah masalah yang bernama anemia, kram perut dan juga lainnya. Anemia padai kehamilan sendiri merupakan tidak cukupnya sel darah merah yang sehat sehingga oksigen yang di bawakan darah tersebut tidak cukup untuk membawa oksigen kepada seluruh jaringan tubuh sehingga fungsinya akan mudah terganggu.

Anemia pada ibu hamil memang harus menjadi perhatian lebih karena hal ini bisa mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungannya. Selain itu hal ini juga bisa menjadikan proses kelahiran secara prematur bahkan menyebabkan ibu hamil meninggal dunia.

Jenis anemia pada ibu hamil

Jenis anemia pada ibu hamil



Baca juga: 4 Faktor Penyebab Resiko Kematian Saat Hamil dan Melahirkan

Gejala Anemia Saat Kehamilan

Gejala anemia pada ibu hamil sama saja dengan ciri-ciri anemia pada ibu tidak hamil seperti pusing, lemas, lelah, lesu. Untuk memastikannya tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Jenis Anemia Pada Ibu Hamil Berdasarkan Penyebabnya

Orang hamil memang sangat rentan sekali untuk terkena anemia hal ini dikarenakan meningkatnya kebutuhan nutrisi yang berguna sebagai produksi sel darah merah baik untuk diri sendiri maupun untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Jenis anemia pada kehamilan sendiri bermacam – macam yang dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu:

  • Anemia Defisiensi Besi
Baca juga:  Inilah Cara Menyusui Yang Benar Pada Bayi, Kenali Agar Tidak Salah!

Jenis anemia ini merupkan jenis anemia yang paling sering dialami oleh para ibu hamil muda maupun yang baru hamil dan untuk penyebab anemia ini di sebabkan oleh kurangnya zat besi yang di temukan di dalam sel – sel darah merah.

  • Anemia Defisiensi Folate

Selain jenis anemia defisiensi besi ada pula jenis anemia asam float dimana jenis anemia ini di sebabkan oleh kurangnya vitamin pada tubuh sehingga kebutuhan yang di perlukan pada ibu hamil kurang cukup baik. Maka dari itu bagi anda yang tidak ingin terserang anemia dengan jenis ini anda harus penuhi kebutuhan vitamin anda selama proses kehamilan khususnya vitamin asam folate.

Baca juga: Hal-hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

Cara Mengatasi Anemia Pada Wanita Hamil

Untuk mengatasi gejala kurang darah pada ibu hamil dapat dilakukan dengan mengatasi penyebabnya, yaitu memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan zat besi yang diperoleh dari makanan.  Bila asupan makanan tidak cukup untuk mengatasi anemia, dapat juga menggunakan suplemen penambah darah (bila diperlukan). Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum konsumsi suplemen tsb karena apapun yang Anda makan / gunakan saat hamil dapat mempengaruhi janin Anda. Pastikan juga Anda cukup beristirahat selama masa kehamilan.

Baca juga: Makanan Sehat Untuk Mencegah Anemia

Itulah beberapa informasi penting seputar gejala, jenis, dan cara mengatasi anemia pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa perbanyak makan buah dan sayur serta pastikan kebutuhan nutrisi Anda dan sang buah hati dalam kandungan tetap terpenuhi. Semoga bermanfaat …

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

ciri ciri anemia pada ibu menyusui -macam-macam anemia dan cara pengobatan nya pada ibu hamil -

Gejala, Jenis, dan Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui | Tips Kesehatan | 4.5