Yuk Kenali 8 Gejala Kehamilan Awal Berikut Ini

Gejala Kehamilan Awal – Kehamilan merupakan suatu anugerah terindah bagi seorang perempuan selepas proses pernikahan yang dijalani. Hadirnya buah hati tak ubahnya kado paling berharga dalam keberlangsungan biduk rumah tangga yang dibina bersama pasangan. Tak heran jika banyak orang rela meluangkan waktu demi mencanangkan program-program yang mempercepat kehamilan sejak awal pernikahan. Beberapa diantaranya bahkan dengan senang hati mengeluarkan biaya yang relatif mahal demi mendorong progress janin.

Pemenuhan asupan gizi dengan rutin mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna, gaya hidup yang sehat, berikut teratur mengikuti kelas olahraga ibu hamil adalah serangkaian tindakan yang mutlak dilunasi kaum hawa saat mereka mengandung. Hal ini akan menawarkan dampak yang positif bagi calon generasi muda yang dikandung.

Baca juga: 4 Jenis Imunisasi Ibu Hamil Untuk Menunjang Kesehatan Ibu Dan Janin Dalam Kandungan

Sebagian wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan terkadang masih sulit membedakan tanda-tanda menjelang hamil yang terjadi. Padahal, informasi mengenai gejala kehamilan awal seharusnya sudah mereka gali jauh hari. Pentingnya wawasan berkaitan dengan sinyal-sinyal yang ditunjukkan tubuh setidaknya menyumbang pemikiran bahwa Anda harus lebih hati-hati dalam beraktifitas.

Nah, bagi Anda calon ibu muda di luar sana, beberapa gejala kehamilan awal di bawah ini yang akan diulas oleh Tips Kesehatan perlu Anda kenali.

gejala kehamilan awal

Baca juga: Mengetahui Penyebab Menstruasi Saat Hamil Agar Tidak Salah Penanganan

Gejala Kehamilan Awal Yang Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang dapat terjadi pada Anda ..

  1. Perubahan pada payudara

Perubahan hormon yang terjadi membuat payudara terasa lebih sensitif, kencang, dan padat. Puting terlihat lebih muncul dan berwarna lebih gelap dengan pembuluh darah yang lebih tampak pada permukaan kulit payudara.

  1. Kram perut

Merupakan gejala kehamilan awal sebelum haid yang khas. Kencangnya perut ini disebabkan karena produksi hormon progesteron berhenti setelah hadirnya plasenta dalam rahim. Kram perut juga diakibatkan oleh otot rahim yang meregang karena kehadiran janin. Kondisi ini biasanya berlangsung ringan.

  1. Bercak darah
Baca juga:  Gejala, Jenis, dan Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Gejala kehamilan awal yang selanjutnya ialah flek berwarna merah muda atau coklat yang seringkali menempel pada celana dalam. Kemunculan bercak darah ini dipelopori oleh adanya implementasi sel ovum yang telah dibuahi oleh sel sperma yang melekat di dinding rahim. Jadi, bercak darah ini merupakan gejala kehamilan awal yang normal dengan catatan volume yang dikeluarkan masih ada di batas wajar.

  1. Mual dan muntah

Studi menunjukkan bahwa hampir 50% wanita didera mual dan muntah pada 1 bulan setelah menstruasi terakhir. Sebagian wanita muntah-muntah di pagi hari yang biasa disebut morning sickness. Sedangkan yang lain mengalami mual sepanjang hari. Situasi ini dipicu oleh naiknya asam lambung di malam hari dan kadar hormon Beta-HCG yang kian melonjak.

  1. Sensitif terhadap bau

Untuk gejala kehamilan awal yang satu ini menjadikan Anda peka terhadap makanan dengan aroma menyengat seperti bawang dan telur. Pemakaian wangi-wangian dan asap rokok di sekitar acapkali memicu mual-mual.

  1. Suasana hati yang mudah berubah

Tanpa penyebab yang pasti, gejala kehamilan awal ini dengan cekatan menyulap mood anda. Dalam sekali waktu anda terlihat sangat bersemangat, namun untuk alasan atau penyebab yang tidak jelas anda gampang sekali terpancing emosi.

  1. Sering buang air kecil

Mayoritas kaum hawa tidak menyadari tanda ini. Frekuensi buang air kecil mereka lebih sering dibanding hari-hari biasa. Keadaan ini terjadi karena pada masa awal kehamilan tubuh perlu menyesuaikan diri dengan janin, seperti kerja ginjal yang lebih keras dan penambahan volume darah.

  1. Terlambat datang bulan

Inilah indikator gejala kehamilan awal yang menepati posisi teratas. Kedatangan buah hati ditandai dengan berhentinya menstruasi lantaran sel telur yang dibuahi tidak meluruh.

Setelah mengetahui gejala kehamilan awal di atas, sebaiknya lakukan tes kehamilan dan konsultasikan kepada dokter ahli guna memperoleh masukan akurat untuk menjaga janin Anda. Semoga bermanfaat …

Yuk Kenali 8 Gejala Kehamilan Awal Berikut Ini | Tips Kesehatan | 4.5