4 Jenis Imunisasi Ibu Hamil Untuk Menunjang Kesehatan Ibu Dan Janin Dalam Kandungan

Imunisasi Ibu Hamil – Kehamilan tak ubahnya kado terindah pasangan di belahan bumi mana pun. Setelah sekian lama mendambakan kehadiran buah hati, akhirnya apa yang mereka cita-citakan pun terkabul. Oleh karena itu tak heran jika banyak pasangan diluar sana rela meluangkan waktu dan tenaga demi memberikan suplai nutrisi pada calon bayi. Serangkaian treatment olahraga untuk ibu hamil serta konsultasi rutin 3 bulan sekali menjadi agenda yang wajib dilunasi.

Setiap ibu menginginkan proses persalinan normal dengan bayi sehat dan ibu pun selamat. Maka dari itu, mereka melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari seperti memilih dokter, tempat klinik, serta pertimbangan lain yang tak kalah pentingnya yaitu melakukan imunisasi ibu hamil.

Baca juga: 3 Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui, No. 2 Mencengangkan!

Imunisasi ibu hamil berupa pemberian vaksin yang dipraktekkan sebelum dan selama kehamilan ini merupakan upaya preventif untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu agar tahan dari berbagai serangan virus, bakteri, dan parasit yang mengancam kesehatan. Hal ini penting dilakukan karena selama mengandung sistem imunitas ibu sedikit menurun.

Sebagai calon ibu yang baik, tidak ada salahnya jika Anda menggali informasi sedetail mungkin berkaitan dengan prosedur imunisasi ibu hamil yang benar. Agar Anda terhindar dari malpraktek serta kesalahan langkah yang berakibat fatal lantaran sudah tercacat banyak kasus serupa yang berakhir pada melayangnya nyawa janin dan ibu.

Selain prosedurnya, wawasan tentang jenis-jenis imunisasi ibu hamil di bawah ini pun patut Anda kenali loh! Yuk simak ulasan TipsKesehatan123.com berikut ini

Jenis Imunisasi Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

jenis-jenis imunisasi ibu hamil

Ilustrasi Imunisasi Ibu Hamil



  1. Influenza

Sebuah studi menunjukkan bahwa ibu hamil yang diberi vaksin memiliki ketahanan yang lebih kuat mengatasi flu. Sejalan dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia yaitu WHO yang menganjurkan seharusnya setiap ibu hamil mendapat suntikan imunisasi influenza.

Menurut sebuah laporan dalam jurnal medis di Inggris tahun 2005, rata-rata kematian akibat flu masih tinggi untuk bayi usia di bawah enam bulan. Penelitian terakhir menyimpulkan bahwa penderita flu yang berulang dan berkepanjangan ternyata bisa mengakibatkan bayi yang dilahirkan lebih mudah mengalami gangguan perilaku khususnya Autis. Tentu saja untuk mendapatkan jenis imunisasi ibu hamil influenza harus dilakukan oleh tenaga ahli dan sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda.

  1. Hepatitis B

Umumnya banyak kaum hawa yang tidak menyadari bahwa dirinya tertular penyakit ini. Padahal kalau ditelisik lebih lanjut hepatitis B berimbas pada kelangsungan hidup si janin. Karenanya, imunisasi ibu hamil hepatitis B sangat diperlukan. Vaksin hepatitis B biasanya terbuat dari rekombinan yaitu hasil rekayasa genetika.

Waktu pemberian imunisasi ini adalah pada kehamilan bulan pertama, kedua, dan keenam. Ibu hamil akan diperiksa kadar HbsAg dan Anti-Hbs-nya (reaksi antigen-antibodinya).

  1. Tetanus toksoid (TT)

Persoalan maraknya penyakit tetanus banyak dijumpai di mayoritas negara berkembang di dunia, dimana sebagian wanita melahirkan bayinya dalam kondisi tempat dan peralatan medis yang kurang steril. Rahim ibu melahirkan rentan terinfeksi kuman tetanus, sedangkan pada bayi infeksi ini dimulai dari luka pada tali pusatnya.

Bakteri Klostridium tetanus pada bayi bahkan berpotensi mengakibatkan kematian. Jadi, pastikan imunisasi ibu hamil ini sudah anda terima.

Efek samping yang dapat ditimbulkan seusai vaksinasi antara lain demam ringan, nyeri, serta bengkak bekas suntikan.

  1. Imunisasi meningicoccal

Imunisasi ibu hamil ini bermanfaat mencegah penyakit meningitis atau radang selaput otak pada bayi. Imunisasi ini baik diaplikasikan pada ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Sejauh ini memang belum ada bukti konkrit yang memaparkan peranannya, namun bagi ibu hamil yang berencana mengadakan perjalanan ke daerah yang terindikasi virus meningitis, vaksinasi ibu hamil meningicoccal wajib dicanangkan.

Demikian sekilas info mengenai jenis-jenis imunisasi ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat…

Artikel TipsKesehatan123.com ini dikenal, sbb :

jenis2 vaksin & kegunaan Nya untuk ibu hamil -

4 Jenis Imunisasi Ibu Hamil Untuk Menunjang Kesehatan Ibu Dan Janin Dalam Kandungan | Tips Kesehatan | 4.5